ADVERTISEMENT

Gejolak Demokrat Kepri Berujung Ketua Mundur hingga Dipilih Pengganti

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 21:17 WIB
Ketua dan pengurus DPD Demokrat Kepri menyatakan mengurkan diri dari kepengurusan dan anggota partai.
Ketua dan pengurus DPD Demokrat Kepri menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan dan anggota partai. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Gejolak Partai Demokrat di tingkat daerah kembali terjadi, kali ini di kepengurusan Kepulauan Riau atau Kepri. Ketuanya mundur, pengurus pusat atau DPP Partai Demokrat menetapkan si pengganti. Begini kronologi gejolak Demokrat Kepri.

Di halaman kantor DPD Demokrat Kepri, Asnah mengumumkan melepas jabatan serta keanggotaannya di partai. Asnah bersama para loyalisnya menyatakan mundur. Atribut seperti baju, jas hingga kartu tanda anggota partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY itu dilepaskan.

"Kita pengurus DPD lebih dari 60 persen mengundurkan diri, tapi kalau kader lebih banyak. Intinya saya mengundurkan diri dari Ketua dan keanggotaan," katanya, seperti dilansir detikSumut, Senin (1/8/2022).

"Kita kalau pengurus DPD lebih dari 60 persen yang hadir untuk mengundurkan diri. Kader-kader semua ikut mundur," kata Asnah.

Asnah hanya berbicara sedikit mengenai alasannya mundur sebagai Ketua DPD Demokrat Kepri. Dia menyinggung soal kata dan perbuatan yang tidak searah.

"Orang keluar kan ada sebabnya. Ya saya mundur karena tidak satu kata antara kata dan perbuatan, sudah itu saja," katanya.

Bukan Kejutan

Sekilas langkah Asnah ini tampak mengejutkan di mata publik. Bagi DPP Demokrat, ini bukanlah kejutan.

Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya menjelaskan persoalan di balik keputusan Asnah yang, bagi dia, bukanlah kejutan. "Pengunduran diri Saudari Asnah dari jabatannya sebagai Ketua DPD PD Provinsi Kepri bukanlah hal yang mengejutkan bagi kami," kata Riefky dalam keterangan tertulis, Selasa (2/8).

Riefky kemudian mengungkit keputusan pengunduran diri Asnah. Riefky menyebut hal itu lantaran menantu Asnah, Kamarudin, tak mendapat jabatan di DPC Demokrat Batam.

"Rencana pengunduran diri Asnah sudah disampaikan oleh yang bersangkutan kepada DPP Partai Demokrat sebagai sebuah klausal baku, 'Jika Saudara Kamarudin tidak terpilih pada posisi atau jabatan tertentu di DPC Batam, Asnah akan mengundurkan diri dari jabatannya.' DPP Partai Demokrat telah berupaya untuk mengakomodir Saudara Kamarudin yang merupakan menantu dari Asnah, pada posisi dan jabatan strategis lain, namun Asnah tidak dapat menerimanya," kata dia.

Riefky menekankan DPP tidak dapat diancam oleh pihak mana pun. Terlebih, kata Riefky, terkait kepentingan individu dan politik praktis semata.

Pengganti Asnah pun ditetapkan. Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto bakal menjabat pelaksana tugas di Demokrat Kepri.

"DPP Partai Demokrat menyambut baik rencana pengunduran diri Asnah dan telah menyiapkan penggantinya sebagai Plt Ketua DPD PD Provinsi Kepri," kata Teuku.

"Sehubungan hal itu, DPP Partai Demokrat telah menunjuk saudara Didik Mukrianto. Pengurus DPP Partai Demokrat, jabatan Kepala Departemen, sebagai Plt Ketua DPD PD Provinsi Kepulauan Riau," imbuh dia.

Baca di halaman selanjutnya.

Simak juga 'KIB Kompak Daftar ke KPU, AHY: Yang Lebih Penting Bukan Hanya Simbolisasi':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT