ADVERTISEMENT

Inspektorat DKI Soroti Mitigasi Risiko Saat Pembangunan JIS, Ini Kata JakPro

Nahda Rizki Utami - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 18:54 WIB
Jakarta International Stadium (JIS) telah rampung. Namun grand launching JIS batal digelar berbarengan dengan malam puncak HUT Jakarta ke-495.
Jakarta International Stadium (JIS) (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Inspektorat DKI Jakarta menilai perlu adanya upaya mitigasi risiko terhadap pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Upaya mitigasi itu diperlukan untuk meminimalkan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Hal itu disampaikan perwakilan Inspektorat DKI Jakarta, Astri Gupita, saat rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta bersama PT JakPro, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang Dan Pertanahan, dan BP BUMD, Selasa (2/8/2022). Rapat membahas insiden robohnya pagar pembatas penonton di tribun JIS beberapa saat yang lalu.

"Kalau melihat dari apa yang telah dipaparkan oleh JakPro memang di sini kami melihat bahwa kejadian yang kemarin terjadi kemungkinan memang belum diperkirakan atas mitigasi risikonya," kata Astri.

Astri menjelaskan proses pembangunan JIS dari tahapan perencanaan perlu adanya langkah mitigasi risiko yang komprehensif. Dengan begitu, tidak akan ada lagi kejadian serupa di kemudian hari.

"Ini menjadi masukan juga untuk kami pihak Pemprov bahwa terkait dengan proses pembangunan JIS ini dari tahap perencanaan hingga selesainya pembangunan JIS perlu adanya mitigasi-mitigasi risiko yang komprehensif," jelas Astri.

"Sehingga tidak akan ada lagi kejadian serupa yang terulang dan juga untuk meminimalisir risiko-risiko yang akan terjadi di masa yang akan datang," tambahnya.

Respons JakPro

Sementara itu, Project Director Jakarta International Stadium PT Jakpro, Iwan Takwin, mengatakan pihaknya telah mengkaji secara keseluruhan, baik dari konsep desain JIS, kekuatan bangunan, maupun terkait keselamatan.

"Sebenarnya kita dalam berencana itu kan ada kajiannya. Mulai dari konsep desain udah kita kaji, safetynya, kekuatannya, semua sudah ada kajiannya itunya," jelas Iwan.

Iwan kemudian bicara terkait mitigasi bencana yang sudah disiapkan pihak JakPro. Menurutnya, mitigasi bencana perlu ditingkatkan kembali agar tidak ada lagi insiden serupa di kemudian hari.

"Sudah ada cuma mungkin kami kurang levelnya mesti dinaikkan lagi. Kita harus belajar sama-sama. Kan antusiasnya tinggi banget karena mereka lihat kesebelasan favoritnya," ujarnya.

Simak juga 'Peresmian JIS Sukses Digelar, Anies Janji Kembali sebagai The Jakmania':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT