ADVERTISEMENT

Anggota F-Gerindra Usul Pembentukan Pansus Pembangunan JIS

Silvia Ng - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 18:07 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan Gedung DPRD DKI Jakarta ditutup sementara karena banyak anggota yang terpapar Corona.
Gedung DPRD DKI. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Anggota DPRD DKI Fraksi Gerindra Ichwanul Muslimin mengusulkan pembentukan pansus pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Dia ingin ada evaluasi mendalam terkait JIS usai pagar pembatas tribun penonton roboh.

"Ini juga saya usulkan, kita harus evaluasi lebih mendalam. Apabila diperlukan, bikin pansus JIS. Jadi nggak main-main," ujar Ichwanul, dalam rapat bersama JakPro, di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Dia mempertanyakan soal kualitas material yang dipakai kontraktor saat pembangunan JIS. Terlebih pembangunan JIS memakan anggaran triliunan.

"Terkait tembok roboh, itu materialnya seperti apa ya? Dan kenapa seperti itu? Karena pada saat soft launching saja kita hadir, kita lihat tuh dengan mata kepala sendiri, semennya terlihat, aciannya seperti apa. Kemudian pada saat pengerjaan, JakPro itu kalian dimana? Monitor nggak terhadap vendornya? Konsultan, kontraktor itu monitor? Pembayarannya seperti apa?" katanya.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengatakan pembentukan pansus harus memperhitungkan dua hal.

"Pertama, kita akan pastikan dulu di rapat internal Komisi B, apakah memang ini layak untuk kita ajukan pansus atau memang cukup. Dan yang kedua, kita akan melihat tata tertib terkait dengan pembentukan pansus tersebut, apakah ini sudah layak atau belum," kata Ismail.

Ismail menyebut layak atau tidaknya pembentukan pansus diatur dalam tata tertib DPRD DKI Jakarta. Nantinya evaluasi pembentukan pansus akan dioptimalkan di rapat kerja internal Komisi B.

"Memang tadi ada beberapa anggota yang mengarahkan ke pansus, tapi sekali lagi, kita ada acuan, ada tata tertib yang mengatur tentang pansus, dan kita harus hormati hal tersebut," katanya.

Rapat Diskors

Ismail menskors rapat evaluasi pembangunan JIS. Dia mengatakan rapat evaluasi akan dilanjutkan dalam waktu dekat setelah digelarnya rapat evaluasi penyerapan anggaran di semester pertama tahun 2022.

Ismail menyebut dua alasan diskorsnya rapat bersama ini untuk memberi pihak JakPro waktu mempersiapkan jawaban yang lebih lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Pertama, untuk memberikan kesempatan pihak JakPro ini menyiapkan tanggapan untik lebih lengkap, karena kita tidak menginginkan jawaban sebatas hanya menggugurkan dari pertanyaan-pertanyaan tadi, tapi jawaban yang kita harapkan adalah yang bisa dipertanggungjawabkan," kata Ismail.

Selain itu, Ismail mengatakan pada rapat selanjutnya sejumlah pihak terkait dengan pembangunan JIS ini akan diundang, di antaranya Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata), dan Kerja Sama Operasional (KSO) selaku kontraktor JIS.

"Ada pihak-pihak terkait nantinya, yang akan kami undang dan kami juga tanyakan kepada mereka ya di antaranya, pihak Citata, kemudian terutama pihak KSO-nya," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, DPRD DKI Jakarta memanggil PT Jakarta Propertindo (JakPro). Pemanggilan ini dilakukan untuk mendengar penjelasan JakPro terkait monitoring dan evaluasi pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Simak juga 'Peresmian JIS Sukses Digelar, Anies Janji Kembali sebagai The Jakmania':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT