ADVERTISEMENT

Jumat, AHY Daftarkan Langsung PD ke KPU Jadi Peserta Pemilu 2024

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 23:06 WIB
ahy di trenggalek
Foto: AHY (Adhar Muttaqin).
Jakarta -

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menanggapi langkah partai politik lain yang berbarengan mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU. AHY menyebut Demokrat punya strategi sendiri dan dia akan mendaftarkan langsung partai yang dipimpinnya ke KPU, Jumat pekan ini.

"Yang saya tahu pendaftaran yang dilakukan masing-masing partai politik itu sesuai dengan jadwal yang dimiliki dan kemudian dikomunikasikan langsung ke KPU. Demokrat sendiri berencana saya akan datang langsung ke KPU tanggal 5 pada hari Jumat pukul 14.00 WIB," kata AHY dalam wawancara di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (1/8/2022). AHY menjawab pertanyaan mengapa Demokrat tidak daftar bareng PKS dan NasDem, yang mana ketiga partai ini intens menjalin komunikasi.

AHY mengaku menghormati langkah setiap partai politik dalam menyongsong Pemilu 2024. AHY menegaskan Demokrat punya rencana tersendiri.

"Bagi saya yang lebih penting bukan hanya simbolisasi saja tetapi komunikasi dan membangun chemistry itu dilakukan setiap saat tanpa harus ada sorot kamera karena lebih penting kita meyakinkan memiliki kesamaan visi misi dan juga platfom yang akan kami usung bersama untuk 2024 dan seterusnya," ujarnya.

Adapun Partai NasDem dan PKS sudah mendaftar sebagai partai peserta Pemilu 2024 hari ini. Berkas kedua partai tersebut dinyatakan lengkap.

Ketua Divisi Bidang Teknis KPU, Idham Holik, mengatakan pengecekan dilakukan dengan cara mencocokkan data di Sipol.

"Setelah kami menerima dokumen, kami langsung melakukan pengecekan seperti Pasal 173 ayat 3 dan kami hanya menerima dokumen yang lengkap," kata Idham Holik di kantor Komnas HAM, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (1/8).

Selanjutnya, parpol yang dokumennya sudah dinyatakan lengkap akan diverifikasi administrasi hingga 11 September mendatang. Selanjutnya, pada 14 September akan disampaikan hasil verifikasi tersebut.

"Berdasarkan lampiran satu PKPU Nomor 4 Tahun 2022, verifikasi administrasi dilakukan satu hari kemudian. Jika parpol mendaftar di hari pertama dan dinyatakan lengkap, maka mulai tanggal 2 Agustus sampai 11 September kami akan melakukan verifikasi administrasi. Kemudian tanggal 14 September 2022 kami akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi kepada parpol yang bersangkutan. Jadi verifikasi administrasi akan kami mulai besok bagi parpol yang dinyatakan lengkap pada hari pertama," jelasnya.

(gbr/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT