ADVERTISEMENT

6 Harapan Parpol-parpol saat Daftar Pemilu di KPU

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 20:04 WIB
Ilustrasi gedung KPU dan Pemilu serentak 2019
Gedung KPU, lokasi pendaftaran peserta Pemilu 2024. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sembilan partai politik (parpol) Tanah Air mendaftarkan diri menjadi calon peserta Pemilu 2024 ke KPU RI. Sejumlah harapan diungkapkan para petinggi parpol jelang pesta demokrasi lima tahunan nanti.

Berdasarkan catatan detikcom, Senin (1/8/2022), KPU membuka hari pertama pendaftaran calon peserta Pemilu 2024. Sembilan partai politik yang sudah mendaftar pada hari pertama yakni PDIP, PKP, PKS, Perindo, NasDem, PBB, Prima, Reformasi, dan Pandai.

1. PDIP

PDIP menjadi partai pertama yang mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 mendatang. PDIP menyebut komitmen-nya dalam pemilu mendatang adalah meraih kemenangan hattrick atau tiga kali berturut-turut.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuriyanto, mengatakan komitmen tersebut berdasarkan perintah kongres dan perintah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Kita berharap juga tentu memenangkan hattrick sebagaimana yang diperintahkan Ibu Ketua Umum kami (Megawati Soekarnoputri). Tentu kita tidak bisa berdiri sendiri, tapi harapan untuk hattrick menjadi komitmen kami semua, seluruh jajaran partai karena itu perintah kongres, perintah Ketua Umum. Dan tentu kita jabarkan sebaik baiknya, ini harus dipahami di dalam pemilu tidak ada ruang hampa, semua akan bergerak untuk merebut dalam stau tujuan yang angka 4 tadi," kata Bambang di kantor KPU RI.

Bambang menyebut pihaknya sudah menyerahkan berkas secara lengkap kepada KPU dan diterima langsung oleh Ketua Umum KPU RI. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi. Dia menyebut semuanya berjalan lancar.

"Pendaftaran berjalan dengan baik kami diterima ketua KPU beserta seluruh anggota komisioner dan staf dari KPU, kita serahkan berkas sebagai upacara yang harus kita lewati, prosedur yang kita lewati. Dengan demikian sudah diterima dengan baik berikutnya akan dilakukan verifikasi oleh KPU. Dan kemudian kalah sudah lolos dinyatakan lolos dan partai akan diberitahu. Begitu saja proses nya," ujarnya.

PDIP menjadi partai pertama yang mendaftar ke KPU, Jakarta, Senin (1/8/2022). Dalam proses pendaftaran, PDIP melakukan arak-arakan budaya ke kantor KPU.PDIP menjadi partai pertama yang mendaftar ke KPU, Jakarta, Senin (1/8). Dalam proses pendaftaran, PDIP melakukan arak-arakan budaya ke kantor KPU. (Grandyos Zafna/detikcom)

Bambang menyebut pihaknya juga berkomitmen untuk merebut empat kursi kekuasaan elektoral. Hal ini dicerminkan ke dalam jumlah 477.777 anggota yang didaftarkan.

"Kami salah satu yang unik, kami siapkan dengan baik adalah jumlah anggota yang kita daftarkan 477.777. 4 itu adalah gambaran dari kursi yang kita rebut sebagai kuasa elektoral, 77 itu adalah ulang tahun Republik kita karena mau masuk bulan Agustus, 7 yang ketiga karena sebagian kita adalah orang jawa kita berharap menerima pitulungan, pituduh, pitutur yang baik untuk membuat pemilu lebih baik," jelasnya.

2. PKS

PKS juga mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024. Presiden PKS Ahmad Syaikhu menargetkan PKS mendapat 15% atau 86 kursi di DPR RI pada Pemilu 2024.

"Saya sebagai presiden partai dan seluruh jajaran sejak musyawarah nasional ke lima tahun 2020 sudah diamanahi untuk mencapai target minimal 15% kalau di kursi DPR RI setara dengan 86 kursi," kata Syaikhu di kantor KPU RI.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT