Gerindra dan PKB Berencana Daftar Pemilu ke KPU 8 Agustus

ADVERTISEMENT

Gerindra dan PKB Berencana Daftar Pemilu ke KPU 8 Agustus

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 12:14 WIB
PKB kembali bertemu dengan Partai Gerindra usai pertemuan akhir pekan lalu. Dalam pertemuan kali ini, duet Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi pembahasan.
Foto: Gerindra dan PKB saat bertemu (Dok. Istimewa).
Jakarta -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah membuka tahapan pendaftaran bagi partai politik yang akan menjadi peserta pada Pemilu 2024. Gerindra dan PKB akan melakukan pendaftaran ke KPU pada 8 Agustus mendatang.

"Kami daftar tanggal 8 (Agustus)," kata Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat dihubungi, Senin (1/8/2022).

Dasco mengatakan pihaknya akan menyambangi kantor KPU pada sekitar pukul 15.00 WIB. "Jam 15.00 WIB. Kira-kira begitu," lanjut dia.

PKB menyampaikan juga akan melakukan pendaftaran sebagai peserta pemilu di tanggal yang sama dengan Gerindra. Ketua DPP PKB Daniel Johan mengatakan pihaknya bakal mendatangi KPU pada 8 Agustus 2022.

"Yang saya paham jadwalnya (PKB mendaftar) 8 Agustus," kata Daniel.

Diketahui, KPU telah membuka pendaftaran parpol sejak hari ini. Berdasarkan Peraturan KPU tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, tahapan pendaftaran parpol dan penyampaian dokumen persyaratan pendaftaran oleh parpol berlangsung sejak 1 Agustus-14 Agustus 2022.

Berdasarkan pantauan detikcom, sudah terlihat sejumlah parpol yang mendatangi Kantor KPU untuk melakukan pendaftaran pemilu per pukul 10.20 WIB. PDI Perjuangan (PDIP) menjadi partai pertama yang melakukan pendaftaran. Disusul parpol-parpol lain yang juga telah mendatangi KPU, yaitu PKS, PKPI, NasDem, PBB, PRIMA, Partai Reformasi, Perindo.

Simak video 'Begini Alur Pendaftaran Calon Parpol Peserta Pemilu 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT