ADVERTISEMENT

TASPEN Raih 3 Penghargaan dalam Hal Pengelolaan SDM

Angga Laraspati - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 20:04 WIB
Taspen
Foto: TASPEN
Jakarta -

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) berhasil meraih 3 (tiga) penghargaan sekaligus dalam ajang Human Capital on Resilience Award 2022. Raihan ini sukses didapatkan berkat rencana strategis sumber daya manusia (SDM) yang TASPEN lakukan.

Adapun penghargaan yang berhasil didapatkan yakni The Best Excellence in Women Empowerment Strategy, The Best HR Support on Business Transformation, dan The Best CEO Focus on HC atas nama Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih.

Penghargaan secara langsung diberikan oleh Ketua Penyelenggara Human Capital on Resilience Award 2022, Maya Yulianti kepada Direktur Utama TASPEN A.N.S. Kosasih yang didampingi oleh Direktur SDM dan TI TASPEN Ovita Susiana Rosya.

Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih bangga karena TASPEN menerima 3 penghargaan sekaligus dalam ajang Human Capital on Resilience Award 2022. Ia pun mengapresiasi seluruh insan TASPEN atas dukungan terhadap transformasi digital dalam pengelolaan SDM melalui Human Capital Information System (HCIS).

"Berkat sistem terintegrasi yang berfungsi menunjang dan mengukur produktivitas kinerja SDM secara real, valid, dan reliable, saat ini SDM TASPEN memiliki nilai dan daya saing unggul dalam menghadapi tantangan. Penghargaan ini kami harap dapat menjadi pemicu semangat bagi insan TASPEN untuk terus semangat dalam mengembangkan diri sehingga dapat berkontribusi terhadap kinerja TASPEN," tutur A.N.S Kosasih dalam keterangan tertulis, Senin (1/8/2022).

HCIS merupakan transformasi digital yang TASPEN lakukan agar SDM dapat menjadi aset terbaik bagi perusahaan. HCIS memiliki beberapa fitur, antara lain Talent Management System yang menghadirkan data informasi karyawan secara lengkap dan terstruktur, mengelola talenta-talenta perusahaan berdasarkan klasifikasi talenta.

Ada juga Performance Management System yang berfungsi mengelola kinerja karyawan secara real time berdasarkan siklus sistem manajemen mulai dari performance planning, performance review hingga performance evaluation.

Fitur lainnya yaitu Multirater yang merupakan bagian dari pengelolaan kinerja dengan tujuan mengukur implementasi AKHLAK pada masing-masing karyawan melalui mekanisme penilaian 360°. Selain itu, ada fitur Career Management yang berkaitan dengan proses pengelolaan karir karyawan yang meliputi Employee Career Plan dan Succession Career Plan.

Terakhir, terdapat fitur Collaboration & Communication dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone dengan model employee self service untuk memudahkan karyawan dalam mengelola aktivitas secara mobile, membangun suatu grup untuk sharing interest antar karyawan.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Human Capital on Resilience Award 2022 Maya Yulianti mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan human capital di era new normal.

Pihaknya melihat dari sisi strategis perusahaan dalam mengembangkan SDM menuju ketahanan ekonomi bisnis, percepatan transformasi human capital melalui penguatan budaya korporat dan leadership, dan inovasi dalam rangka mendesain ulang SDM di kondisi yang menantang dan penuh ketidakpastian.

"Penghargaan Human Capital on Resilience Award 2022 ini menjadi bentuk apresiasi kami sekaligus penghargaan kepada perusahaan-perusahaan atas komitmen dan implementasi kebijakan, program, maupun strategi human capital yang sistematis dan berdaya guna," ujar Maya.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT