Rapat dengan DPRD DKI, TransJakarta Klaim Sudah Jalani Rekomendasi KNKT

ADVERTISEMENT

Rapat dengan DPRD DKI, TransJakarta Klaim Sudah Jalani Rekomendasi KNKT

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 17:51 WIB
Komisi B DPRD DKI Jakarta hari ini menggelar rapat kerja bersama Pemprov DKI Jakarta, direksi PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
Komisi B DPRD DKI Jakarta hari ini menggelar rapat kerja bersama Pemprov DKI Jakarta, direksi PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). (Nahda Rizki Utami/detikcom)
Jakarta -

Komisi B DPRD DKI Jakarta hari ini menggelar rapat kerja bersama Pemprov DKI Jakarta, direksi PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Dalam rapat itu, TransJakarta mengklaim sudah menjalani hasil rekomendasi KNKT.

Direktur Utama TransJakarta M Yana Aditya menyebut pihaknya telah menindaklanjuti rekomendasi KNKT. Hal itu dilakukan sejak Desember 2021 hingga Juni 2022.

"Kami telah menindaklanjuti sepanjang dari Desember 2021 sampai Juni 2022 kemarin terkait dengan rekomendasi dari KNKT," ujar Yana saat rapat kerja di Komisi B DPRD DKI Jakarta, Senin (1/8/2022).

Yana menuturkan masih ada beberapa rekomendasi KNKT yang sedang dalam proses. Sedangkan ada juga rekomendasi KNKT lainnya yang sudah berjalan.

"Dan perlu kami sampaikan juga dalam menindaklanjuti rekomendasi tersebut, kami didampingi oleh tim KNKT dan sepanjang ini beberapa hal yang berkaitan dengan rekomendasi sudah berjalan dan ada yang sedang dalam proses," jelas Yana.

Sementara itu, Plt Kepala Sub Komite Investigasi Lalu Lintas Angkutan Jalan KNKT, Ahmad Wildan, menjelaskan pihaknya telah mengidentifikasi jenis kecelakaan TransJakarta. Wildan menyebut adanya konflik TransJakarta dengan kendaraan lain hingga mengalami kecelakaan.

"Setelah kita identifikasi jenis kecelakaan TransJakarta, yang pertama konflik dengan lalu lintas lainnya, jadi TransJakarta mengalami konflik dengan kendaraan lainnya kemudian adanya penumpang yang terjepit dan terjatuh serta adanya kecelakaan menabrak pejalan kaki," kata Wildan.

Wildan menuturkan penyebab kecelakaan salah satunya adalah masalah kebugaran pengemudi. KNKT, sambungnya, telah menemukan pengemudi TransJakarta yang lelah saat bekerja.

"Identifikasi penyebab kecelakaannya yang pertama dengan adanya isu masalah kebugaran pengemudi, ini kita temukan ada pengemudi yang lelah. Kemudian isu kompetensi pengemudi ini sangat menarik pada saat kami mengidentifikasi ternyata tadi disampaikan pak ketua banyak keserempet," ujar Wildan.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT