Viral Pelecehan di TransJ, PAN DKI Usul Wanita Diedukasi untuk Melawan

ADVERTISEMENT

Viral Pelecehan di TransJ, PAN DKI Usul Wanita Diedukasi untuk Melawan

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 31 Jul 2022 07:27 WIB
Sekretaris Fraksin PAN DKI Jakarta, Oman Rohman Rikanda
Foto: Oman Rohman Rikanda (dok. Pribadi)
Jakarta -

Video dinarasikan terjadi aksi pelecehan seksual di dalam bus TransJakarta viral di media sosial. PAN mengusulkan ada edukasi untuk kaum perempuan atau korban untuk melawan.

"Harus ada edukasi agar kaum perempuan atau calon korban untuk melawan," ujar Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Oman Rakinda kepada wartawan, Sabtu (30/7/2022).

Oman menyoroti terjadinya berulangkali aksi pelecehan di angkutan umum. Menurut Oman, perlu ada perumusan bareng dari sejumlah stakeholder untuk mencegah terjadinya aksi pelecehan.

"Perlu duduk bareng stakeholder transportasi untuk merumuskan bagaimana mencegah pelaku nyaman melaksanakan niatnya. Saya kira para pengemudi, pemilik angkot, penumpang dan dishub harus duduk bareng merumuskannya," ucap Oman.

Oman lalu bicara mengenai sanksi tegas kepada pelaku pelecehan. Ia meminta seluruh pelaku pelecehan di angkutan umum untuk di-blacklist.

"Biar kapok di blacklist dari angkutan dan fasilitas umum," tutur Oman.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi Gerindra, Rani Mauliani. Rani setuju pelaku pelecehan di-blacklist.

"Setuju banget (di-blacklist) selama itu berdampak jera karena kalau sekedar hukuman tanpa efek jera, model begini bisa kambuh lagi kelakuannya dan akan terus meresahkan," tutur Rani.

Viral

Dalam video viral itu terlihat pelaku dan korban berdiri berdekatan di dalam TransJakarta. Kondisi bus saat itu disebut tengah dalam keadaan ramai.

Peristiwa itu disebutkan terjadi di bus TransJakarta rute 3F atau Kalideres-Gelora Bung Karno pada Senin (25/7). Awalnya video memperlihatkan pelaku dan korban yang tengah berimpitan.

Tidak lama berselang, terlihat tangan pelaku meraba-raba bagian tubuh korban. Dalam video singkat, terlihat jari-jari pelaku itu mencolek paha korban.

Tidak jelas wajah pelaku dan korban. Video viral itu hanya menyorot tangan pelaku yang memegang tubuh korban.

Dalam narasi video viral itu disebut korban lalu turun di Halte Bundaran Senayan. Korban lalu melaporkan dugaan pelecehan seksual itu kepada petugas di lokasi.

Tanggapan TransJ

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) angkat bicara. TransJakarta masih menyelidiki kasus ini.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizakani Noor mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan pelacakan. Menurutnya, penanganan kasus ini menyita waktu cukup panjang karena identitas korban belum dikantongi.

"Yang terakhir ini, yang beredar di media sosial, kita lacak cukup memakan waktu hingga hari ini, atau saat ini belum begitu jelas, karena korban tidak memberikan identitasnya dan tidak melaporkan langsung kepada kami, sehingga kami sekarang sedang melakukan pelacakan," kata Anang kepada wartawan, Sabtu (30/7/2022).

Simak Video: Terjadi Lagi! Aksi Pelecehan Seksual di TransJakarta

[Gambas:Video 20detik]



(isa/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT