Drama Maut Kopral Muslimin

ADVERTISEMENT

Drama Maut Kopral Muslimin

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Agu 2022 13:09 WIB
Jejak Kopda Muslimin: Coba Bunuh Istri, Kini Ditemukan Tewas (Tim Infografis detikcom: Mindra Purnomo)
Foto: Jejak Kopda Muslimin: Coba Bunuh Istri, Kini Ditemukan Tewas (Tim Infografis detikcom: Mindra Purnomo)
Semarang -

Kopral Dua (Kopda) Muslimin meregang nyawa di rumah orang tuanya di Kendal, Jawa Tengah. Di meminta maaf ke orang tua sambil muntah-muntah lalu tewas di kamar.

Kopda Muslimin merupakan dalam penembakan yang menyewa pembunuh bayaran untuk menghabisi istrinya, Rina Wulandari (34). Istrinya kini dirawat di rumah sakit akibat 2 tembakan di bagian perut kiri.

Penembakan yang diotaki Kopda Muslimin itu terjadi di Jalan Cemara 3 Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/7/2022) pukul 12.00 WIB. Saat itu korban pulang bersama anaknya mengendarai motor.

Polisi yang mengusut kasus ini akhirnya menangkap 4 eksekutor sewaan Kopda Muslimin. Polisi mengungkap motif penembakan ini karena Kopda Muslimin punya pacar baru.

Hubungan gelap antara Kopda Muslimin dengan wanita berinisial R sudah berjalan sekitar tujuh bulan. Namun cintanya kandas karena pacarnya menolak hidup bersama setelah mengetahui Muslimin jadi otak penembakan istrinya sendiri.

"Pacaran kurang lebih tujuh bulan hampir satu tahun, sejak sekitar Desember 2021," kata Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Donny Sardo Lombantoruan di Mapolrestabes Semarang, Jumat (29/7/2022).

Polisi menangkap 4 orang eksekutor yang disewa Kopda Muslimin. Berikut jejak-jejak Kopda Muslimin dan drama mautnya:

Perintahkan Tembak Kepala Istri

Anggota komplotan penembak RW, mengaku diorder Kopda Muslimin untuk menembak di kepala. Namun ada pesanan khusus, yaitu agar tidak kena putrinya.

"Jangan sampai kena anaknya, pokoknya langsung pas kena kepalanya," kata eksekutor, Sugiono (34) alias Babi, ketika ditanya oleh Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar dan Komandan Kodim (Dandim) 0733 Kota Semarang Letkol Inf Honi Havana di Mapolrestabes Semarang, seperti dilansir detikJateng, Rabu (27/7/2022).

Baca halaman selanjutnya

Pacar Baru di Balik Motif Penembakan

Polisi juga mengungkap motif penembakan adalah Kopda Muslimin punya pacar lagi. Fakta itu diungkapkan oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi saat jumpa pers di kantornya.

"Motifnya punya pacar lagi," kata Ahmad Luthfi menjawab pertanyaan wartawan dalam jumpa pers di Mapolda Jateng, Senin (25/7/2022).

Bawa Kabur Uang Mertua

Kopda Muslimin juga membawa kabur uang milik mertuanya. Informasi itu didapat polisi setelah memeriksa saksi yang berprofesi sebagai perawat burung peliharaan Kopda M. Saksi disuruh mengambil uang dari mertua Kopda M. Total ada Rp 210 juta uang mertua yang dipakai Kopda Muslimin dengan dalih pengobatan istri. Uang tersebut ternyata digunakan Kopda Muslimin untuk membayar eksekutor sebanyak Rp 120 juta dan untuk kabur Rp 90 juta.

"Ketika di rumah sakit, saksi yang bertugas merawat burung, dia ditelepon oleh Muslimin, (disuruh) mengambil atau minta uang ke ibu korban atau ibu mertuanya untuk biaya rumah sakit. Perintahnya ada uang di Ibu (mertua) Rp 120 juta diantar ke rumah sakit untuk biaya rumah sakit," kata Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar di Mapolrestabes Semarang, Rabu (27/7/2022).

Ditolak Pacar

Belakangan terungkap Kopda Muslimin berang saat ajakannya hidup bersama ditolak oleh pacarnya yang berinisial R.

"Akhirnya M berang," kata Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar saat dihubungi, seperti dilansir detikJateng, Kamis (28/7).

Penolakan itu didapatkan Kopda Muslimin usai peristiwa penembakan pada Senin (18/7). Kopda Muslimin saat itu kabur dan menemui pacarnya di kawasan Papandayan Semarang. Kopda Muslimin dan R kemudian pergi ke Wonosobo naik motor.

Namun setelah ditolak, Kopda Muslimin meninggalkan R sendirian di Wonosobo. "(Kopda Muslimin) Pergi bawa motor R dan meninggalkan R sendirian di Wonosobo saat itu," jelas Irwan.

Simak video 'Cinta Segitiga Jadi Motif Kopda Muslimin Matikan Istri':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT