ADVERTISEMENT

Viral Kendaraan Menumpuk di Puncak Bogor, Polisi: Ada One Way-Bottleneck

Muchamad Sholihin - detikNews
Minggu, 31 Jul 2022 19:57 WIB
Macet parah di Puncak Bogor
Foto: Macet parah di Puncak Bogor (Dok.tangkapan layar IG)
Puncak -

Lalu lintas di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat (Jabar) sore ini terpantau mengalami kemacetan parah di sekitar Gunungmas dan Riung Gunung hingga sempat beredar viral di media sosial. Pihak kepolisian menjelaskan penyebab kemacetan tersebut.

"Sekarang kondisinya masih (berlaku) one way arah bawah (arah Jakarta). Volume kendaraan memang ada peningkatan sejak Jumat dan Sabtu. Dan hari ini, khususnya untuk kendaraan arah Jakarta juga padat," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian Novian, Minggu (31/7/2022).

Terkait kondisi kemacetan di kawasan Gunungmas, kata Ardian, terjadi saat diberlakukan sistem satu arah atau one way arah Jakarta. Kemacetan terjadi disebut karena terdapat penyempitan jalan atau bottleneck di sekitaran Cisarua selepas Gunungmas, Puncak, Bogor.

"Jadi soal kemacetan itu imbas arus one way, semua kendaraan mengarah turun (arah Jakarta), kemudian bertemu bottleneck. Setelah Pasar Cisarua arusnya sudah bagus, cukup deras sampai bawah," sebut Ardian saat dikonfirmasi via telepon.

"(Kemacetan akibat) ada bottleneck di Gunungmas, kalau digambarkan itu kan lajur di Gunungmas itu 18 meter dan bisa untuk 4 lajur kendaraan, tapi kemudian ke bawah sekitar jembatan ciliwung terjadi penyempitan jalan, yang tadinya bisa untuk 4 lajur, mengecil jadi 2 lajur. Ya imbasnya seperti itu (macet)," tambahnya.

Andrian menyebut, penyempitan jalan selepas Gunungmas mengakibatkan antrean kendaraan hingga Simpang Pasar Cisarua yang panjangnya mencapai 6 kilometer. Namun, arus kendaraan kembali normal selepas Pasar Cisarua menuju Simpang Gadog. Hambatan lalulintas kembali terjadi di beberapa titik persimpangan menjelang Simpang Gadog.

"Antrian kendaraan dari situ sampai ke simpang taman safari, kemudian menyambung ke Pasar Cisarua. Setelah Pasar Cisarua, sudah bagus, cukup deras arusnya. Jadi terhambat di Gunungmas karena ada botleneck itu, kendaraan juga lajunya kan berkurang, jadi agak merayap," terangnya.

Sistem satu arah atau one way di Jalan Raya Puncak untuk kendaraan arah Jakarta diperkirakan masih akan diterapkan hingga pukul 20.30 Wib. Mengingat arus kendaraan menuju Jakarta masih terpantau padat.

"Kondisinya sekarang masih berlaku oneway, ya selesai diperkirakan sampai pukul 19.00-20.30 WIB, karena buntutnya sekarang sekitaran Riung Gunung, atau sekitar 500 meter dari Gunungmas," pungkasnya.

Simak juga Video: Pemerintah Bakal Bangun Kereta Gantung untuk Atasi Macet di Puncak

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT