ADVERTISEMENT

Sikap Kooperatif Bikin Roy Suryo Tak Ditahan Usai 2 Kali Pemeriksaan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Jul 2022 06:41 WIB
Eks Menpora Roy Suryo diperiksa sebagai saksi pelapor atas dugaan pencemaran nama baik. Roy Suryo turut memamerkan bukti cuitan Ferdinand Hutahaean.
Roy Suryo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Roy Suryo telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di kasus dugaan penistaan agama gegara postingan meme stupa. Setelah dua kali menjalani pemeriksaan sebagai tersangka, Roy Suryo tak ditahan polisi.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) era pemerintahan SBY ini diperiksa perdana sebagai tersangka pada Jumat (22/7). Saat itu Roy Suryo tumbang hingga harus dibantu kursi roda.

Pengacara Elza Syarief mengatakan Roy Suryo kondisinya drop, sehingga pemeriksaan harus dihentikan. Pemeriksaan saat itu baru mencapai butir ke-8, belum ke materi pokok perkara.

Roy Suryo kemudian diperiksa lanjutan yang kedua kalinya pada Kamis (28/7) sekitar pukul 22.30 WIB. Roy Suryo keluar ruang pemeriksaan dengan memakai cervical collar (alat penyangga leher).

"Mohon maaf ya. Pak Roy perlu istirahat dulu. Mohon doanya," ujar kuasa hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni, Kamis (28/7).

Roy Suryo tak ditahan polisi. Roy Suryo keluar dari ruang pemeriksaan setelah menjalani pemeriksaan lanjutan.

"Roy suryo tidak ditahan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada detikcom, Kamis (28/7).

Alasan Polisi Tak Tahan Roy Suryo

Kombes Zulpan menjelaskan penahanan adalah subjektivitas penyidik. Penyidik tidak menahan Roy Suryo karena dinilai kooperatif, tidak akan menghilangkan barang bukti, tidak akan kabur, dan tidak akan mengulangi perbuatannya.

"Iya (karena tiga hal tersebut). Kemudian, atas pertimbangan penyidik, penyidik tidak melakukan penahan terhadap Roy Suryo. Jadi dianggap tidak perlu dilakukan penahanan saat ini," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jumat (29/7/2022).

Kendati demikian, Zulpan menjelaskan kasus tersebut masih berjalan dan berkas kasus masih dilengkapi. Segera setelah berkas lengkap, kasus akan dilimpahkan ke kejaksaan.

"Kasus ini tetap berjalan dan berproses karena ini sudah naik sidik dan juga penetapan tersangka, tentunya tugas penyidik adalah melengkapi berkas perkara ini, dengan melengkapi keterangan yang lain yang masih dibutuhkan dalam rangka pemberkasan," bebernya.

"Secepat mungkin, kalau sudah lengkap, tentunya akan kita limpahkan ke kejaksaan," lanjutnya.

Tonton video 'Alasan Kooperatif Buat Roy Suryo Tak Ditahan Meski Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]



Baca di halaman selanjutnya: tanggapan pelapor.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT