ADVERTISEMENT

Pawai Obor di Cipete Jaksel, Ada Replika Ka'bah hingga Arak Manten

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 22:12 WIB
Pawai obor di Cipete, Jakarta Selatan
Pawai obor di Cipete, Jakarta Selatan (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Pawai obor menjadi tradisi masyarakat muslim dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah. Pawai obor dilaksanakan di sejumlah daerah, salah satunya di Cipete Selatan, Jakarta Selatan.

Pantauan detikcom sejak pukul 19.00 WIB di Jl Cipete Raya, Jumat (29/7/2022), terlihat sejumlah warga yang berbaris bersiap melakukan pawai obor. Mereka terlihat membawa obor di tangan masing-masing.

Mereka terlihat mengenakan baju muslim. Pawai ini dipimpin dengan bajaj motor yang membawa replika Ka'bah.

Selain itu, dalam barisan pawai terlihat sepasang suami istri yang menggunakan baju pengantin diarak. Terlihat keduanya mereka melambaikan tangan kepada warga yang menonton.

Kemudian, pawai ini melintas di sepanjang Jl Cipete Raya, kemudian belok kiri ke Jl Antasari. Selanjutnya belok kiri melewati Jl Asem 2 lalu belok kiri lagi menuju Jl H Junaedi dan kembali lagi ke Jl Cipete Raya.

Sempat terjadi kemacetan di lokasi ini. Sedangkan sepanjang perjalanan pawai obor ini mereka melantunkan salawat.

Kemudian, mereka juga beberapa kali menyalakan petasan ketika berhenti sesaat. Pawai obor ini menjadi tontonan warga sekitar.

Ditemui di lokasi, Koordinator Acara Taufik Hidayat (35) mengatakan pawai ini sudah 'puasa' selama pandemi. Dia merasa senang karena tahun ini pawai obor akhirnya bisa diadakan.

"Alhamdulillah biasa tiap tahun karena pandemi selama pandemi, kita baru tahun ini mengadakan lagi. Kurang lebih 3.500 orang dari anak-anak sampai nenek-nenek," ucap Taufik.

Diketahui terdapat satu RW terdiri dari 12 RT yang mengikuti pawai obor ini. Dia berharap agar para generasi muda mau mensyiarkan agama Islam lebih baik lagi.

"Mudah mudahan pada generasi penerus anak muda lebih mengenal lagi seni budaya islam khususnya tahun baru Hijriah ini, di tahun baru islam ini adalah tahun umat muslim untuk syiarkan agama islam lebih baik lagi," jelasnya.

(ain/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT