ADVERTISEMENT

Sambut 1 Muharam, Warga Tanah Abang Jakpus Gelar Pawai Obor Keliling

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 21:15 WIB
Pawai obor di Tanah Abang
Pawai obor di Tanah Abang (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Warga Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), menggelar pawai obor untuk menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijirah. Pawai tersebut membuat arus lalu lintas mengalami kemacetan.

Pantauan detikcom, Jumat (29/7/2022), warga mulanya berkumpul untuk pawai obor di depan kantor Kecamatan Tanah Abang pukul 20.00 WIB. Sejumlah warga tampak menggunakan pakaian berwarna dominan putih.

Saat warga berkumpul, arus lalu lintas di Jl KH Mas Mansyur langsung terpantau macet. Petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP tampak mengawal jalannya pawai tersebut. Terdengar warga melantunkan kalimat takbir 'Allahu Akbar, Allahuu Akbar, La illahaillah Wallahu Akbar'.

Rombongan pawai obor itu kemudian berjalan menuju Jl Kebon Kacang Raya hingga ke Jl Jenderal Sudirman. Pawai obor itu memakan hingga setengah badan jalan dan membuat arus lalu lintas menjadi tersendat.

Rencananya pawai obor itu akan melintasi kawasan Dukuh Atas. Sejumlah petugas Dishub dan kepolisian tampak berjaga mengatur barisan pawai obor agar tidak memakan badan jalan.

Polisi Siapkan Pengamanan

Pawai obor menjadi tradisi masyarakat muslim dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah. Polisi akan melakukan pengamanan pawai obor di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Kita akan pastikan kegiatan tersebut semuanya dalam pengamanan Polres ya," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dihubungi, Jumat (29/7).

Komarudin mengatakan sejumlah personel gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP diturunkan untuk mengamankan pawai obor. Dia menyebut tiga pilar akan mengawasi kegiatan masyarakat itu.

"Banyak (personel) gabungan TNI, Polri, Satpol PP, semuanya kita terjunkan untuk pengamanan malam ini ya. Intinya, tiga pilar semuanya pasti turun, para camat, kapolsek, dan koramil mengawasi di kecamatan masing-masing dan kita, saya dan Pak Dandim, ada di Monas," katanya.

Lebih lanjut Komarudin mengatakan pawai obor tersebar di sejumlah titik di Jakarta Pusat. Dia menyebut hampir semua kecamatan di Jakarta Pusat menggelar pawai obor.

(rak/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT