ADVERTISEMENT

Dukung Inovasi IT, BPJS Kesehatan Gelar Kompetisi Healthkathon 2022

Sukma Nur - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 20:42 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati usulkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan di semua golongan. Hal itu dilakukan untuk menutup defisit keuangan di BPJS Kesehatan.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

BPJS Kesehatan kembali menggelar kompetisi Hackathon 2022. Berbeda dari tahun sebelumnya, kompetisi ini berganti nama menjadi Healthkathon 2022 dan mengusung tema 'Collaboration for Stronger, Faster and Better Innovation'.

Kompetisi yang berfokus pada asuransi kesehatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat berinovasi di bidang teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan sistem pengelolaan data.

Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan Edwin Aristiawan mengatakan, kehadiran teknologi baru bisa memberikan dampak pada pola hidup masyarakat dan proses bisnis organisasi. Apalagi saat ini jumlah data yang dimiliki BPJS Kesehatan terus meningkat dan tuntutan stakeholder akan peningkatan mutu pelayanan membuat BPJS Kesehatan diminta untuk berinovasi di bidang teknologi agar pelaksanaan JKN tetap menjadi program andalan bagi masyarakat.

"BPJS Kesehatan saat ini mengelola data yang sangat besar dan sistem informasi yang dikembangkan cukup kompleks dan unik, sehingga dibutuhkan sistem teknologi informasi yang kuat agar pengelolaan data di BPJS Kesehatan semakin baik. Maka dari itu, BPJS Kesehatan secara rutin membuka wadah bagi masyarakat yang memiliki kreatifitas yang tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan BPJS Kesehatan Healthkathon 2022 ini dengan harapan bisa menciptakan ide-ide cemerlang dan menjadi solusi untuk peningkatan pengelolaan sistem di BPJS Kesehatan," ungkap Edwin dalam keterangan tertulis, Jumat (29/7/2022)

Kompetisi BPJS Kesehatan Healthkathon 2022 akan terdiri dari 4 kategori yang bisa diikuti oleh peserta umum dan mahasiswa. Kategori tersebut, yaitu Penetration Testing Professional (Pentest Pro) untuk cyber security dan dapat diikuti oleh peserta umum. Sedangkan untuk mahasiswa bisa mengikuti kategori Penetration Testing Student (Pentest Student), Innovation System dan Machine Learning.

Lebih lanjut, kompetisi ini diselenggarakan secara terbuka di seluruh Indonesia dan bertujuan untuk melihat potensi berbakat dalam bidang IT yang dimiliki oleh masyarakat, mahasiswa, ataupun praktisi IT dari berbagai pelosok nusantara. Acara ini juga akan diadakan secara roadshow yang dibagi ke dalam 3 wilayah, yaitu Wilayah Barat (Sumatera, Kalimantan), Wilayah Tengah (Jawa, Banten), Wilayah Timur (Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku hingga Papua).

"Harapan kami, kegiatan BPJS Kesehatan Healthkathon 2022 bisa menampung ide dan inovasi yang dapat dikembangkan dan diimplementasikan untuk peningkatan mutu layanan Program JKN, serta peningkatan efektivitas dan efisiensi agar Program JKN tetap dapat sustain dengan melibatkan masyarakat umum praktisi IT, serta mahasiswa yang memiliki bakat dalam bidang teknologi informasi," tambah Edwin.

Bagi yang berminat ingin berpartisipasi dalam kompetisi ini dipersilakan untuk mengunggah ide kreatifnya mulai tanggal 29 Juli 2022 sampai 27 Agustus 2022. Sedangkan untuk informasi persyaratan pendaftaran bisa di akses melalui akun resmi media sosial BPJS Kesehatan.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT