ADVERTISEMENT

Pansus IKN DPRD DKI Bakal Kunker ke Aceh hingga Yogyakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 12:15 WIB
Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz
Abdul Aziz (Foto: dok. Humas Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta)
Jakarta -

Panitia Khusus (Pansus) Jakarta Pasca-pemindahan Ibu Kota Negara dari DPRD DKI Jakarta berencana mengunjungi sejumlah kota yang menyandang status otonomi khusus maupun bekas ibu kota negara RI. Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja lanjutan setelah mengunjungi Kalimantan Timur.

"Kunjungan kita tak cuma sekali, tapi ke beberapa tempat, terutama ke tempat-tempat yang pernah menjadi ibu kota kemudian dipindahkan," kata anggota Pansus Jakarta Pasca-pemindahan IKN DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz saat dimintai konfirmasi, Jumat (29/7/2022).

"Seperti Yogyakarta, Sumatera Barat, Bukittinggi pernah jadi ibu kota. Kemudian daerah khusus seperti Banda Aceh," sambungnya.

Aziz memandang, melalui kota-kota tersebut, pihaknya dapat mempelajari konsep daerah kekhususan. Nantinya konsep tersebut bisa dijadikan pertimbangan ketika Pansus memberikan rekomendasi kepada pemda Jakarta maupun terhadap pemerintah pusat.

"Jadi kunjungan kami bukan pertama dan terakhir, tetapi yang pertama dan akan terus berlanjut sambil diskusi panjang dengan para ahli yang melahirkan rekomendasi kepada Pemprov DKI, khususnya pasca-IKN ini mau jadi daerah khusus apa," ujarnya.

Sebelumnya, enam anggota DPRD DKI Jakarta yang tergabung dalam Pansus Jakarta Pasca-pemindahan Ibu Kota Negara berkunjung ke titik nol IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Agenda kunjungan berlangsung selama tiga hari sejak kemarin.

Kunjungan itu dibenarkan oleh anggota Pansus Jakarta Pasca-pemindahan IKN, Abdul Aziz. Selain Aziz, anggota lainnya yang menyambangi IKN Nusantara adalah Jamaludin Lamanda, Nasrullah, M Taufik Zoelkifli, dan Oman Rakinda.

"Kemarin sore sampai di sini, hari ini pagi kunjungan ke DPRD Kota Samarinda, kemudian ini kita lagi break 'ishoma', setelah ini mau kunjungan ke titik 0 Km IKN," kata Aziz saat dihubungi, Kamis (28/7).

Aziz menjelaskan tujuan kedatangannya ke IKN Nusantara. Aziz menyebut Pansus hendak memastikan pembangunan IKN terus diproses. Dengan begitu, Pansus bisa memberikan rekomendasi kepada pemda mengenai kelanjutan Jakarta setelah tak lagi menjadi ibu kota.

"Kami ingin meyakinkan diri bahwa IKN ini sedang diproses atau cepat diproses, karena semakin cepat diproses, toh kita DKI juga harus semakin cepat mempersiapkan segala sesuatunya pasca-IKN ini," jelasnya.

Simak Video 'Jokowi dan Presiden Korsel Bahas Mobil Listrik-Pengembangan IKN':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT