ADVERTISEMENT

Sekjen Kemendagri: Mendagri Tito Pindah ke IKN 1 Januari 2024

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 22 Jun 2022 14:25 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat mengunjungi lokasi IKN Nusantara
Mendagri Tito Karnavian (Foto: dok. Kemendagri)
Jakarta -

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengatakan Mendagri Tito Karnavian mengawal pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur. Suhajar menyebut Tito bakal pindah ke IKN mulai 1 Januari 2024.

Hal ini disampaikan Suhajar saat menghadiri rapat paripurna perayaan HUT DKI Jakarta ke-495 di DPRD DKI Jakarta, Rabu (22/6/2022).

"1 Januari 2024 insyaallah saya akan memimpin Kemendagri bersama Pak Mendagri Tito pindah Kalimantan," kata Suhajar di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Suhajar meminta Jakarta mempersiapkan diri menyandang status baru. Jakarta, kata dia, bukan lagi menjadi pusat pemerintahan dan birokrasi, melainkan pusat bisnis nasional maupun global.

"Dengan tanggalnya statusnya sebagai ibu kota negara secara perlahan status dan karakternya sebagai pusat birokrasi juga akan berkurang, yang memerlukan persiapan dan perencanaan matang," ujarnya.

Suhajar memandang hilangnya status Ibu Kota di Jakarta berpotensi menjadi ancaman hilangnya identitas kota. Dia berharap Jakarta mampu merumuskan visi-misi baru yang menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman usai ibu kota pindah ke Kaltim.

"Untuk itu, diperlukan antisipasi dan persiapan yang matang, yang mengharuskan perumusan karakter kota yang khas dan kuat sejak dini," ujarnya.

Suhajar mengatakan kota-kota dunia yang menjadi pusat bisnis regional dan global cenderung memelihara nilai keterbukaan serta keberagaman. Hal ini, kata dia, bisa memperkuat nilai-nilai lokal yang selama ini dipelihara sekaligus kompatibel dengan nilai-nilai peradaban yang dinamis dan futuristik.

"Adalah sangat baik bila hal ini mendapat penekanan dalam semua aspek perencanaan pemerintahan DKI Jakarta, termasuk dalam komunikasi masyarakat sehingga publik dapat menyiapkan diri bersama-sama dengan pemerintah," ucapnya.

Lihat video 'Survei CSIS: 58,8% Ahli Tak Yakin IKN Berjalan Sesuai Target':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT