Akun @opposite6890 Dibidik Polisi

ADVERTISEMENT

Akun @opposite6890 Dibidik Polisi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 07:20 WIB
Polda Metro Jaya merilis kasus penyebaran berita bohong atau hoax. Satu orang pemilik akun Snack Video @rakyatjelata_98 ditangkap polisi. Ini tampangnya.
Polisi tangkap pemilik akun @rakyatjelata_98 yang sebar hoax soal Irjen Ferdy Sambo. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengungkap kasus hoax melalui akun Snack Video @rakyatjelata_98. Tersangka, laki-laki berinisial AH (24), disebut menyebarkan informasi bohong dan penghinaan terhadap penguasa.

Sejumlah pejabat kepolisian, seperti Irjen Ferdy Sambo, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, hingga mantan Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Edwin Harianja.

"Ungkap kasus yang dilakukan oleh seseorang terkait dengan penyebaran informasi hoax dan penghinaan kepada penguasa melalui media elektronik," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Edra Zulpan dalam jumpa pers, Kamis (28/7/2022).

Tersangka ditangkap di Bandung, Jawa Barat pada Rabu (27/7). Dari keterangan diperoleh informasi tersangka mengunggah ulang konten video yang didapat dari akun Twitter @opposite6890.

Kombes Zulpan megatakan kasus ini diungkap berdasarkan laporan warga biasa, bukan pejabat. Warga tersebut merasa terganggu dengan adanya video-video tersebut.

"Pelapor ini adalah masyarakat biasa," ucap Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Menurut Auliansyah, pelapor melaporkan akun @rakyatjelata_98 karena tidak ingin ada kegaduhan. Hasil analisis polisi, postingan tersebut dikomentari banyak orang dan dapat menimbulkan kegaduhan.

"Dia (pelapor) lihat postingan di Snack Video itu dan lihat komentar bisa gaduh, nah dia enggak mau itu. Di komentar-komentar itu sudah sampai 10 ribu, jadi analisa kita akan terjadi kegaduhan," jelasnya.

@rakyatjelata_98 Dapat Video dari Akun Twitter @opposite6890

Dalam pemeriksaan polisi terungkap, tersangka AH turut menyebarkan video hoax tersebut dengan mengedit dan menambahkan audio. AH mengaku mendapatkan bahan video dari akun Twitter @opposite6890.

"Tersangka dalam pemeriksaan mengatakan video itu bersumber dari Twitter @opposite6890 dan diedit dengan tambahkan audio suara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Tersangka AH kemudian mengunggah konten video yang diambil dariakun @opposite6890itu ke akun Snack Video miliknya @rakyatjelata98.

Polisi Selidiki Akun @opposite6890

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Auliansyah Lubis mengatakan pihaknya akan mendalami terkait akun @opposite6890 ini.

"Akun @opposite6890 ini kan akun anonim. Kita akan lidik (penyelidikan) juga siapa adminnya, kita akan telusuri," jelas Auliansyah.

Baca di halaman selanjutnya: postingan hoax @rakyatjelata_98

Simak Video 'Pemilik Akun @rakyatjelata_98 Sebar Hoax Pejabat Demi Cuan':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT