ADVERTISEMENT

Jadi Sumber Postingan @rakyatjelata_98, Akun @Opposite6890 Dibidik Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 17:13 WIB
Polda Metro Jaya merilis kasus penyebaran berita bohong atau hoax. Satu orang pemilik akun Snack Video @rakyatjelata_98 ditangkap polisi. Ini tampangnya.
Postingan hoax akun @rakyatjelata_98 didapat dari akun Twitter @opposite6890. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pemilik akun Snack Video @rakyatjelata_98, berinisial AH (24), ditangkap gegara menyebarkan video hoax terkait Irjen Ferdy Sambo hingga eks Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Edwin Harianja. AH mengaku mendapatkan video hoax itu dari akun Twitter@opposite6890.

"Tersangka dalam pemeriksaan mengatakan video itu bersumber dari Twitter @opposite6890 dan diedit dengan tambahkan audio suara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Tersangka AH kemudian mengunggah konten video yang diambil dari akun @opposite6890 itu ke akun Snack Video miliknya @rakyatjelata98.

"Selanjutnya diunggah ke akun Snack Video @rakyatjelata98," imbuhnya.

AH ditangkap di kediamannya di Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (27/7). Unggahan akun @rakyatjelata_98 dilaporkan oleh pria berinisial MR pada Senin (25/7).

Hasil penyelidikan pada akun milik AH itu memuat sejumlah konten yang dianggap berisi ujaran kebencian dan kabar bohong kepada sejumlah pejabat.

"Modus pelaku yaitu yang bersangkutan membuat akun Snack Video dan unggah video berisi berita kabar bohong yang mana atas unggahan video itu dapat timbulkan keonaran dan perpecahan antargolongan," jelas Zulpan.

"Isi video itu menuduh beberapa pejabat publik hingga dapat menimbulkan kebencian," tambahnya.

Baca di halaman selanjutnya: akun @opposite6890 ikut dibidik polisi.

Simak Video 'Posting Video Hoax, Pemilik Akun @rakyatjelata_98 Diciduk di Bandung':

[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT