Jaksa Sita Aset 3 Tersangka Penggelapan Pajak Samsat Kelapa Dua Tangerang

ADVERTISEMENT

Jaksa Sita Aset 3 Tersangka Penggelapan Pajak Samsat Kelapa Dua Tangerang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 20:30 WIB
Tim penyidik pada Pidana Khusus Kejati Banten menyita beberapa aset milik tiga tersangka penggelapan pajak kendaraan di Samsat Kelapa Dua, Tangerang. (dok Kejati Banten)
Tim penyidik pada Pidana Khusus Kejati Banten menyita beberapa aset milik tiga tersangka penggelapan pajak kendaraan di Samsat Kelapa Dua, Tangerang. (Dok. Kejati Banten)
Serang -

Kajati Banten Leonard Eben Ezer Simandjuntak mengatakan tim penyidik pada Pidana Khusus Kejati Banten menyita beberapa aset milik tiga tersangka penggelapan pajak kendaraan di Samsat Kelapa Dua, Tangerang. Penyitaan dilakukan penyidik pada tersangka Zulfikar, Achmad Pridasya, dan Budiono.

"Tim penyidik telah melakukan penyitaan barang bukti aset milik tersangka Z dalam perkara tindak pidana korupsi penggelapan uang pajak kendaraan bermotor di UPTD Samsat Kelapa Dua tahun 2021 dan 2022," kata Leonard dalam keterangan tertulis kepada detikcom, Kamis (28/7/2022).

Aset Zulfikar selaku Kasi Penagihan dan Penyetoran di Samsat terdiri atas beberapa bidang tanah di Kota Tangerang. Penyitaan sudah berdasarkan penetapan Penyitaan Pengadilan Negeri Tangerang Nomor 40/Pen.Pid.Ijin.Sita/2022/PN.Tng pada 20 Juli 2022.

Rincian aset yang disita adalah bidang tanah dan bangunan seluas 65 meter persegi di Tanah Tinggi Kecamatan Tangerang, Sertifikat Hak Milik Nomor HM.01530/Tanah Tinggi; satu bidang tanah dan bangunan dengan luas 79 meter persegi di Tanah Tinggi; dan satu Sertifikat Hak Milik Nomor HM.01531/Tanah Tinggi.

Penyitaan juga dilakukan untuk aset milik Achmad Pridasya selaku pada PNS Samsat Kelapa Dua. Aset berupa bidang tanah dan bangunan dengan luas 85 meter persegi di Lekong Wetan, Kecamatan Serpong, dan Sertifikat Hak Milik Nomor HM.02803/Lekong Wetan atas nama tersangka.

Terakhir, penyitaan juga dilakukan untuk bidang tanah dan bangunan milik tersangka Budiono. Ia adalah mantan pegawai Samsat dan pembuat aplikasi pembayaran Samsat.

Bangunan dan tanah yang disita ada di Pondok Jagung Timur, Serpong Utara, Tangerang Selatan seluas 60 meter persegi. Sertifikat tanah tersebut juga disita dengan nomor sertifikat HM.02358/Pondok Jagung Timur atas nama tersangka.

Tim penyidik pada Pidana Khusus Kejati Banten menyita beberapa aset milik tiga tersangka penggelapan pajak kendaraan di Samsat Kelapa Dua, Tangerang. (dok Kejati Banten)Tim penyidik pada Pidana Khusus Kejati Banten menyita beberapa aset milik tiga tersangka penggelapan pajak kendaraan di Samsat Kelapa Dua, Tangerang. (Dok. Kejati Banten)

"Kegiatan penyitaan berlangsung dengan lancar dan aman," ucapnya.

Leonard sebelumnya menyatakan korupsi penggelapan pajak di Samsat Kelapa Dua ini telah merugikan keuangan negara senilai Rp 10 miliar. Selain empat orang di atas, satu orang lain, yaitu M Bagja Ilham selaku honorer, juga dijadikan tersangka.

Penggelapan pajak oleh para tersangka diduga telah dilakukan sepanjang Juni 2021 hingga Februari 2022. Mereka mengubah nilai pajak kendaraan baru menjadi kendaraan bekas.

Simak juga 'Dua Konsultan Penyuap Eks Pegawai Pajak Dituntut 3 dan 4 Tahun Penjara':

[Gambas:Video 20detik]

(bri/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT