Alasan Indigo Aditya Nugroho Akhirnya Cabut HAKI Citayam Fashion Week

ADVERTISEMENT

Alasan Indigo Aditya Nugroho Akhirnya Cabut HAKI Citayam Fashion Week

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 26 Jul 2022 12:32 WIB
Pengunjung memenuhi kawasan Sudirman Citayem Bogor Depok (SCBD), Taman Dukuh Atas, Jakarta, Sabtu (23/7/2022).
Suasana Citayam Fashion Week di Dukuh Atas, Jakarta (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Indigo Aditya Nugroho mencabut permohonan pendaftaran merek Citayam Fashion Week (CFW). Indigo mengaku awalnya tidak berniat mendapatkan eksklusif merek CFW.

"Saya Indigo Aditya Nugroho sebagai perwakilan dari tim KutipanX bermaksud menyampaikan bahwa pada siang hari ini tanggal 25 Juli 2022 pukul 14.19 WIB, kami telah mengirimkan surat permohonan pencabutan merek Citayam Fashion Week (CFW) ke Pangkalan Data HAKI," ujar Indigo dalam akun Instagram KutipanX yang dilihat, Selasa (26/7/2022).

Indigo Aditya menjelaskan dia mendaftarkan merek Citayam Fashion Week pada 21 Juli 2022. Dia menegaskan pengajuan permohonan itu tidak berniat untuk menguasai CFW.

"Dalam hal ini dari awal KutipanX tidak berniat atau bermaksud secara eksklusif menguasai merek tersebut. Hanya saja KutipanX memiliki kekhawatiran apabila Citayam Fashion Week (CFW) akan kehilangan identitas dan orisinalitas untuk acara dan konten-konten yang dibuat oleh para konten kreator lokal yang sejak semula sudah melakukannya," katanya.

Dia juga mengungkapkan KutipanX telah membuat konten di area Dukuh Atas sejak 1 tahun lalu dan saat itu KutipanX juga mewawancarai Bonge dan Kurma pertama kali sebelum mereka viral 2 bulan yang lalu. Indigo juga menyebut mengembangkan konten-konten seputar aktivitas di sekitar area Dukuh Atas.

"Dengan situasi dan opini masyarakat saat ini yang telah menyadari bahwa memang tidak seharusnya ada kepemilikan merek karena milik semua yang ingin berekspresi, dengan setulus hati kami telah melakukan pencabutan Citayam Fashion Week (CFW)," katanya.

"Kami percaya jika CFW akan selalu menjadi cerita dan berjalan dengan apa adanya," lanjutnya.

Diketahui, Citayam Fashion Week didaftarkan ke Kemenkumham oleh PT Tiger Wong dan Indigo Aditya Nugroho. Permohonan PT Tiger Wong tersebut teregistrasi dengan nomor JID2022052181, sedangkan permohonan Indigo Aditya dengan nomor JID2022052496.

Tampak permohonan itu diterima dan dilindungi sejak 21 Juli 2022. Dalam permohonan itu, Citayam Fashion Week dijadikan nama sebuah brand ajang pemilihan kontes, kesenian, kebudayaan, dan pendidikan. Status permohonan itu kini tertulis '(TM) Ditarik Kembali'.

Simak Video 'Baim Wong Belum Tarik Pengajuan Merek Citayam Fashion Week':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT