Makin Banyak Opsi Lokasi Pengganti Citayam Fashion Week

ADVERTISEMENT

Makin Banyak Opsi Lokasi Pengganti Citayam Fashion Week

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Jul 2022 08:20 WIB
Jika Jepang punya Harajuku, Indonesia kini punya istilah Haradukuh usai viral Citayam Fashion Week di Dukuh Atas. Kawula muda Ibu Kota pun ikut ambil bagian.
Fenomena Citayam Fashion Week di zebra cross Dukuh Atas (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Fenomena catwalk di zebra cross 'Citayam Fashion Week' di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, mengundang magnet bagi warga. Tetapi sayangnya, kehadiran warga di 'Citayam Fashion Week' yang membeludak menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Sejumlah opsi pun muncul untuk memindahkan 'Citayam Fashion Week'. Selain ke Monas dan Kota Tua, ada usulan 'Citayam Fashion Week' digelar hanya saat car free day.

Pada Senin (25/7) sore, polisi sampai 'memblokade' zebra cross 'Citayam Fashion Week'. Pasalnya, warga yang datang tumpah ruah ke jalan hingga mengganggu lalu lintas.

"Mereka itu bukan hanya yang catwalk, tapi yang dokumentasi, yang foto, sudah masuk ke jalan, makanya tidak bisa dilalui. Kita normalisasikan dulu sambil kita kasih imbauan supaya mereka peduli pada aktivitas masyarakat lain," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin kepada wartawan, Senin (25/7/2022).

Berikut beberapa opsi terkait lokasi dan pelaksanaan 'Citayam Fashion Week':

Usulan Wagub DKI Citayam Fashion Week Pindah ke Kota Tua-Kemayoran

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengusulkan alternatif pengganti lokasi Citayam Fashion Week yang digelar di zebra cross Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Riza menyebut ada beberapa lokasi lain, seperti Plaza Selatan Monas hingga kawasan Kota Tua.

"Kemudian masalah tempatnya, kita coba sama-sama berunding. Silakan teman-teman di fashion week coba usulkan. Saya usulkan bisa saja di Monas, ada Plaza Selatan tuh yang baru. Nah itu ada tribunnya malah bisa duduk di situ, tempatnya luas, itu bisa. Nanti kita diskusikan," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (25/7/2022).

Riza kemudian merekomendasikan ruang publik yang tidak kalah bagus, seperti Lapangan Banteng, Taman Ismail Marzuki, Kemayoran, hingga Sarinah. Hal itu sesuai dengan usulan anggota DPRD.

"Mau di Lapangan Banteng itu juga luas. Itu juga keren. Ada usulan dari teman-teman DPRD umpamanya di mana? Di TIM itu juga keren. Bisa di Senayan kan luas tuh, parkir timur. Nanti kita tanya sama teman-teman di Setneg boleh nggak di Senayan," ujar Riza.

"Bisa mau lebih luas lagi? Di Kemayoran bisa, nanti kita tanya. Berikutnya lagi di mana? Sarinah itu kita punya Sarinah keren. Dulu yang bangun tuh Bung Karno ya sekarang diperbaiki tambah keren," sambungnya.

Riza juga mengusulkan kawasan Kota Tua sebagai salah satu alternatif pengganti lokasi Citayam Fashion Week. Dia menyebut revitalisasi Kota Tua akan selesai pada September.

"Saya ngerti teman teman maunya tempatnya yang strategis, mudah diakses, atau nanti tunggu di Kota Tua. Sekarang lagi direnov. Mudah-mudahan nggak lama lagi September mudah-mudahan selesai. Itu keren," ucap Riza.

Baca di halaman selanjutnya: tanggapan Pemkot Jakarta Pusat

Simak Video 'Sandiaga Tak Ingin Pamor Bonge cs di CFW Cepat Redup':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT