ADVERTISEMENT

Wagub DKI Usul Citayam Fashion Week Pindah ke Monas, Sarinah, hingga Kota Tua

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 25 Jul 2022 14:42 WIB
Fungsi Zebra Cross, Ramai Buat Catwalk Citayam Fashion Week
Foto: Karin Nur Secha/detikcom
Jakarta -

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengusulkan alternatif pengganti lokasi Citayam Fashion Week yang digelar di zebra cross Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Riza menyebut ada beberapa lokasi lain, seperti Plaza Selatan Monas hingga kawasan Kota Tua.

"Kemudian masalah tempatnya, kita coba sama-sama berunding. Silakan teman-teman di fashion week coba usulkan. Saya usulkan bisa saja di Monas, ada Plaza Selatan tuh yang baru nah itu ada tribunnya malah bisa duduk di situ, tempatnya luas, itu bisa. Nanti kita diskusikan," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (25/7/2022).

Riza kemudian merekomendasikan ruang publik yang tidak kalah bagus seperti Lapangan Banteng, Taman Ismail Marzuki, Kemayoran, hingga Sarinah. Hal itu sesuai dengan usulan anggota DPRD.

"Mau di Lapangan Banteng itu juga luas. Itu juga keren. Ada usulan dari teman-teman DPRD umpamanya dimana? Di TIM itu juga keren. Bisa di Senayan kan luas tuh parkir timur nanti kita tanya sama teman-teman di Setneg boleh nggak di Senayan," ujar Riza.

"Bisa mau lebih luas lagi? Di Kemayoran bisa, nanti kita tanya. Berikutnya lagi di mana? Sarinah itu kita punya Sarinah keren. Dulu yang bangun tuh Bung Karno ya sekarang diperbaiki tambah keren," sambungnya.

Riza juga mengusulkan kawasan Kota Tua sebagai salah satu alternatif pengganti lokasi Citayam Fashion Week. Dia menyebut revitalisasi Kota Tua akan selesai pada September.

"Saya ngerti teman teman maunya tempatnya yg strategis, mudah diakses, atau nanti tunggu di Kota Tua. Sekarang lagi direnov. Mudah-mudahan gak lama lagi September mudah-mudahan selesai. Itu keren," ucap Riza.

Lebih lanjut, Riza menyebut warga yang ikut aksi Citayam Fashion Week merupakan warga yang juga sering berkunjung ke kawasan Kota Tua. Hal itulah yang menjadi alasan Riza agar kawasan Kota Tua menjadi salah satu alternatif pengganti lokasi Citayam Fashion Week.

"Dan saya juga tahu yang hadir di situ sebagian juga teman-teman yang biasa di pelataran Kota Tua karena sekarang ditutup renovasi pindah ke sini. Nanti bisa kembali lagi ke situ, gitu ya, jadi kita menghargai," imbuhnya.

Zebra Cross Tak Boleh Digunakan untuk Fashion Show

Sebelumnya, Riza Patria menjelaskan alasan pemberian alternatif lokasi Citayam Fashion Week. Hal itu dilakukan lantaran zebra cross tidak boleh digunakan untuk kegiatan fashion show.

"Namun demikian, sebagaimana kita ketahui belakangan itu anak anak kita menggunakan zebra cross, seperti yang sudah disampaikan oleh Pak Kapolsek, Pak Kapolres, temen-temen dari Kepolisian bahwa zebra cross itu digunakan untuk menyeberang. Tidak boleh untuk kegiatan lain termasuk fashion week," kata Riza Patria di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7).

"Begitu juga hal ini tentu nanti kita akan mencoba mencarikan tempat yang terbaik bagi anak-anak kita kalau ingin terus melaksanakan fashion week tersebut," sambungnya.

Riza mengatakan pihaknya bakal mengimbau para anak baru gede (ABG) untuk tidak melakukan fashion show di zebra cross Dukuh Atas. Imbauan itu bakal dilakukan melalui pendekatan persuasif.

"Nanti kita coba imbau dulu anak-anak kita ini, kita ini lakukan pendekatan secara persuasif dulu ya. Anak-anak kita ini sedang euporia sedang senang-senangnya mari kita jaga sama-sama," ujarnya.

(nhd/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT