ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Sebulan Lebih Berlalu, Atap Ambruk SDN Pancoranmas 3 Belum Diperbaiki

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 14:33 WIB
Kondisi atap kelas yang ambruk di SDN Pancoranmas 3, Jumat (10/6/2022).
Kondisi atap di SDN Pancoranmas 3, Depok, yang belum diperbaiki, Jumat (10/6/2022). (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Atap dua kelas di SD Negeri Pancoranmas 3, Depok, ambruk belum diperbaiki. Kondisi itu berlangsung selama lebih dari dua bulan sejak hujan angin merusak atap tersebut.

Diketahui, atap ambruk pada Selasa (19/4) lalu, saat hujan disertai angin kencang mengguyur kawasan Depok. Tak ada korban jiwa karena saat itu sekolah diliburkan.

Pantauan detikcom di SDN Pancoranmas 3, pukul 13.46 WIB, Jumat (10/6/2022), tepatnya di Jl Cagar Alam, Depok, Jawa Barat, kelas di lantai 2 sekolah yang atapnya ambruk sama sekali belum diperbaiki.

Kertas bertulisan larangan anak-anak untuk menaiki lantai dua sekolah terpasang di depan gerbang masuk lantai tersebut. Gerbang itu pun dalam posisi terkunci.

Tampak air menggenang di lantai depan kelas yang atapnya ambruk. Air itu menggenang lantaran atap yang bolong sehingga air hujan membasahi lantai.

Reruntuhan dan puing-puing atap masih berserakan di dalam kelas. Pintu dua kelas itu dalam posisi tertutup.

Proses belajar-mengajar tengah berlangsung hari ini. Sejumlah anak tengah melaksanakan pelajaran seni di lantai dasar sekolah.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok mengajukan anggaran belanja tak terduga (BTT) untuk perbaikan atap SD Negeri Pancoranmas 3 yang rusak. Usulan tersebut telah diajukan minggu lalu.

Koordinator Perencanaan Tata Bangunan pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Veni, mengatakan pengajuan tersebut pada 27 Mei 2022. Untuk saat ini pihaknya masih menunggu undangan pembahasan dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

"Sudah kami usulkan di anggaran BTT. Mengusulkan Minggu lalu, usulan berdasarkan survei tim teknis dan belum ada undangan pembahasan dari TAPD," papar Veni saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (2/6/2022).

Kondisi atap kelas yang ambruk di SDN Pancoranmas 3, Jumat (10/6/2022).Kondisi atap kelas yang ambruk di SDN Pancoranmas 3, Jumat (10/6/2022). (Mulia Budi/detikcom)

Adapun tim TAPD, disebut Veni, terdiri atas Sekretaris Daerah selaku Ketua, Kepala Bappeda, Kepala BPK, Asisten Pemerintahan dan Pembangunan, Asisten Hukum dan Organisasi, Asisten Administrasi, Inspektorat, Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ), serta dibantu oleh tim teknis TAPD.

"Ya semoga (pembahasan TAPD bulan ini). (Perbaikan sekolah) sesuai penganggaran dan pengadaan barang dan jasa," ungkapnya.

Veni pun menjelaskan beberapa tahapan sebelum melakukan perbaikan ke sekolah. Salah satunya pekerjaan perencanaan (DED).

"Setelah dapat anggarannya, ada proses pengadaan jasa konsultansi perencanaan, pekerjaan perencanaan (DED), pengadaan jasa konstruksi dan baru fisik atau konstruksinya," imbuh Veni.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT