ADVERTISEMENT

Bambang Pacul Yakin Jokowi Akan Temui Mega soal Pengganti Tjahjo Kumolo

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 16:57 WIB
Bambang Pacul Wuryanto
Bambang Pacul (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul bicara pengganti Tjahjo Kumolo sebagai MenPAN-RB. Bambang Pacul mengatakan hal itu merupakan otoritas Jokowi sebagai presiden.

"Yang otoritas yang namanya Pak Jokowi, ini otoritas sebagai presiden, berarti kewenangan mengganti ada (di) Pak Jokowi (sebagai) presiden," kata Bambang Pacul kepada wartawan, di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Ketua Komisi III DPR RI ini yakin Presiden Jokowi akan bicara dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mencari pengganti Tjahjo Kumolo. Namun, dia belum mengetahui apakah penggantinya tetap kader PDIP atau tidak.

"Bahwa nanti dia akan bicara dengan ibu ketum, dugaan saya hampir pasti. Karena ini adalah kader PDIP. Apakah pasti dari PDIP, saya juga nggak yakin, tetapi kalau bicara dengan ketum itu hampir pasti, saya tidak berani 100 persen, nggak, itu Tuhan kalau 100 persen," ujarnya.

Tapi yang pasti, kata Pacul, Jokowi akan bertemu dengan Megawati terkait pengganti Tjahjo Kumolo. Masih dari kader PDIP atau tidak, menurutnya, itu akan dibahas kemudian.

"Tapi analisis saya begitu. Hampir pasti Pak Presiden akan ketemu dengan ibu sebelum mengganti Pak Tjahjo Kumolo, kenapa? Karena Pak Jokowi juga orang Solo, Bambang Pacul juga paham alam pikirnya kalau Bung karno bicara kan alam pikirnya pelajari alam pikirnya. Alam pikir itu juga tumbuh dari kultur membentuk alam pikir, kalau kalian kan bahasanya mentereng mindset," lanjut Bambang Pacul.

"Lah ini kan semua kan dirembuk bahwa ibu akan berembug kalau misalnya itu dibutuhkan seseorang yang bla-bla-bla... tapi di kader PDIP nggak ada, misalnya," lanjut Pacul.

Simak juga 'Jokowi Tunjuk Tito Karnavian Jadi Menteri PAN-RB Ad Interim':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT