Air Mineral Galon Oplosan Beredar di Cilegon, Ini Cirinya

ADVERTISEMENT

Air Mineral Galon Oplosan Beredar di Cilegon, Ini Cirinya

M Iqbal - detikNews
Jumat, 22 Jul 2022 13:56 WIB
Polisi tangkap pengoplos air mineral galon di Cilegon, Banten.
Polisi menangkap pengoplos air mineral galon di Cilegon, Banten. (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Polisi menangkap pengoplos galon air mineral dari salah satu merek terkenal di Indonesia. Perbedaan asli dan oplosan bisa dicek melalui nomor register dalam kemasan.

Pengungkapan berawal dari kecurigaan polisi pada aktivitas salah satu agen galon air mineral di Panggungrawi, Cilegon. Polisi kemudian memeriksa sejumlah orang yang sedang mengoplos air mineral.

"Untuk kronologinya, pada hari Sabtu, tanggal 16 Juli 2022, sekitar pukul 13.00 WIB, anggota kami melaksanakan patroli, kemudian menemukan dan melihat ada salah satu agen minuman dalam kemasan yang ditukar dari salah satu merek ke merek lain, salah satu air mineral," kata Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro kepada wartawan, Jumat (22/7/2022).

Hasil temuan di tempat kejadian perkara, polisi menemukan adanya aktivitas yang mengarah pada tindak pidana. Polisi kemudian mengamankan lima orang, yakni berinisial YR, SM, MB, SF, dan TH. Kelima pelaku ini punya peran masing-masing.

"Untuk peran sendiri, YR dan SM mempersiapkan dan membersihkan galon merek air mineral Aqua untuk selanjutnya ditukar dengan air depo (isi ulang)," ujarnya.

Pelaku MB merupakan agen penyalur air mineral sekaligus pemilik depo. Sementara itu, pelaku SF dan TH bertugas mengganti tutup galon air mineral palsu yang sudah dibeli dengan harga 5.000 per biji.

"Setiap hari para pelaku bisa mengemas, memproduksi kurang lebih 100 galon atau dalam satu bulan bisa memproduksi 2.500 galon," terang dia.

Keuntungan yang didapat dari pengoplosan galon air mineral tersebut mencapai Rp 2.000 per galon. Jika dikalikan, komplotan pengoplos galon ini meraup keuntungan Rp juta 28 juta. Aktivitas pengoplosan ini sudah berlangsung selama dua tahun.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Cilegon AKP Mochammad Nandar mengatakan konsumen perlu memperhatikan mana galon asli dan hasil oplosan. Hal itu bisa dilihat dari nomor register pada tutup dan badan galon.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Polisi Tangkap Penjual Miras Oplosan yang Tewaskan Dua Pemuda di Jepara':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT