ADVERTISEMENT

Viral 'Awan' Berjatuhan di Kebun Sawit Riau, BMKG Duga Limbah Pabrik

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 22 Jul 2022 11:34 WIB
Fenomena awan jatuh disebut terjadi di kebun sawit di Kampar, Riau.
Foto: Viral awan jatuh disebut terjadi di kebun sawit di Kampar, Riau. (Tangkapan layar video viral)
Pekanbaru -

Video gumpalan putih diduga awan jatuh di kawasan perkebunan sawit di Kampar, Riau viral di media sosial. Benarkah ada awan jatuh di kebun sawit?

Dari video yang beredar terlihat seorang pengendara sepeda motor melintas di kebun sawit. Di sisi kanan dan kiri jalan ada gumpalan putih besar yang disebut awan jatuh.

Kepala Pelaksana BPBD Riau, Edy Afrizal mengaku telah menerima kabar tersebut. Bahkan pihaknya langsung mengecek ke daerah dimaksud.

"Kami sudah turunkan tim, tak ada laporan ada awan jatuh. Apalagi disebut di wilayah Kampar," kata Edy, seperti dilansir detikSumut, Jumat (22/7/2022).

"Ada banyak tanya, saya cek ke Kampar itu tidak ada. Saya konfirmasi juga ke teman-teman di BMKG mereka bilang tak ada itu. Kemungkinan limbah pabrik, tetapi lokasi belum diketahui," katanya.

Forecaster on Duty Stasiun BMKG Pekanbaru, Yudhistira mengatakan, jika dilihat dari video beredar, kuat dugaan gumpalan putih di kebun sawit itu adalah busa limbah pabrik.

"Bisa jadi itu mungkin busa dari limbah pabrik, bukan awan. Kalau dilihat secara visual yang putih itu seperti busa atau dacron bukan awan, karena awan itu merupakan uap air yang mengambang di atmosfer. Klaupun ada di darat itu berupa kabut atau yang sering kita sebut fog," kata Yudhistira.

Baca selengkapnya di sini

Simak Video 'Lewat Jalan Ekstrem di Inhil Riau Ini Wajib Banyak Doa!':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT