ADVERTISEMENT

Presiden Timor Leste di Depan Jokowi: Saya Fans Berat Bung Karno

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 14:12 WIB
Pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom).
Pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta -

Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta mengaku sangat mengidolakan Presiden pertama RI Sukarno atau Bung Karno. Jose Ramos-Horta juga membaca buku-buku dari proklamator kemerdekaan Indonesia itu.

"Beberapa buku yang saya baca itu merupakan tulisan Bung Karno. Saya merupakan fans berat Bung Karno," kata Jose Ramos-Horta saat mengawali pembicaraannya dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (19/7/2022).

Jose Ramos-Horta senang bisa kembali ke Indonesia. Dia lantas mengenang kunjungannya ke Indonesia pada 1970-an.

Dia juga mengenang saat beberapa kali dirinya naik becak di Jakarta. Dia juga menyebut saat itu baru ada tiga hotel besar di Indonesia, yaitu Hotel Indonesia, Kartika Plaza, dan Kartika Chandra.

"Saya tidak menginap di hotel itu, tapi di losmen," ujar dia.

Timor Leste Harap Masuk ASEAN

Dalam pernyataan pers bersama setelah pertemuan bilateral, Jose Ramos-Horta juga mengungkapkan keinginannya agar Timor Leste menjadi anggota ASEAN. Jose berharap hal itu terwujud saat keketuaan Indonesia pada 2023.

"Saya sangat senang Indonesia tetap sangat komitmen tentang keanggotaan Timor Leste di ASEAN," ujar Jose.

Jose mengatakan Timor Leste bakal menjadi anggota ASEAN yang produktif. Timor Leste juga disebut telah memenuhi segala persyaratan.

Selain itu, Jose juga menyampaikan terima kasih kepada Indonesia yang telah membantu pembangunan Timor Leste. Dia juga ingin meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia dan Timor Leste.

"Kami sangat senang dengan dukungan Indonesia di banyak hal dalam pembangunan Timor Leste, termasuk di bidang pendidikan dan sumber daya manusia Timor Leste," ujar dia.

Simak Video 'Jokowi Sambut Jose Ramos di Istana Bogor, Bahas Keanggotaan di ASEAN':

[Gambas:Video 20detik]




(knv/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT