Jokowi Dorong RI-Timor Leste Selesaikan Nego 2 Segmen Perbatasan Darat

ADVERTISEMENT

Jokowi Dorong RI-Timor Leste Selesaikan Nego 2 Segmen Perbatasan Darat

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 12:38 WIB
Pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom).
Foto: Pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom).
Jakarta -

Isu perbatasan Indonesia dan Timor Leste menjadi bahasan dalam pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta di Istana Bogor. Jokowi menekankan pentingnya penyelesaian negosiasi sengketa perbatasan dua segmen.

"Selain kerja sama ekonomi kita juga membahas isu terkait penyelesaian negosiasi perbatasan, dan saya menekankan pentingnya kedua negara untuk segera menyelesaikan dua segmen perbatasan darat yang tersisa, yaitu segmen Noel Besi Citrana dan segmen Bidjael Sunan-Oben," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama di Istana Bogor, Selasa (19/7/2022).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan komitmen BUMN berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste. Selain itu, Jokowi juga mendorong Indonesia dan Timor Leste dapat segera menyelesaikan bilateral investment treaty.

"Saya menyampaikan komitmen BUMN dan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste, termasuk di bidang infrastruktur," imbuh Jokowi.

Konektivitas Indonesia dan Timor Leste

Hal lain yang dibahas Jokowi dan Jose Ramos-Horta di Istana Bogor ialah konektivitas kedua negara. Jokowi berharap trayek bus rute Kupang-Dili segera dilaksanakan.

"Kita juga sepakat untuk memperkuat konektivitas, baik darat maupun laut, untuk jalur darat saya harapkan peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera dilakukan," kata Jokowi.

Khusus konektivitas laut, Jokowi menekankan pentingnya jalur kapal Kupang-Dili-Darwin. Selain itu, Jokowi juga ingin pembangunan perbatasan ditingkatkan.

"Dan untuk konektivitas laut saya menilai pentingnya untuk membuka rute Kapal Kupang- Dili-Darwin. Kita juga sepakat untuk memperkuat pembangunan perbatasan," ujar Jokowi.

"Saya harap pembangunan PLBN Napan dapat selesai tahun ini dan saya juga mendorong agar joint border committee dapat dilakukan kembali," imbuh Jokowi.

Simak Video 'Jokowi Sambut Jose Ramos di Istana Bogor, Bahas Keanggotaan di ASEAN':

[Gambas:Video 20detik]




(knv/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT