ADVERTISEMENT

Contraflow Bakal Diterapkan di Tol Merak Imbas Uji Beban Jembatan Ciujung

M Iqbal - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 11:27 WIB
Tol Tangerang-Merak
Ilustrasi Tol Tangerang-Merak (Foto: dok. Astra Toll Tangerang-Merak)
Cilegon -

Contraflow bakal diterapkan di Km 56-57 Tol Tangerang-Merak. Hal tersebut dilakukan karena ada uji beban jembatan Ciujung.

"Uji beban tahap I akan dilakukan pada 19-20 Juli 2022 untuk jembatan arah Jakarta dan uji beban tahap II pada 25-26 Juli 2022 untuk arah sebaliknya, yaitu jembatan arah Merak," kata pejabat Humas Astra Tol Tangerang-Merak, Uswatun Hasanah, melalui keterangan tertulis, Selasa (19/7/2022).

Dia mengatakan jembatan tersebut harus menjalani uji beban setelah proses pembangunan selesai. Dia menyebut uji beban akan dilakukan dengan 30 truk bermuatan 35 ton di atas jembatan.

"Sebelum jembatan beroperasi, perlu dilakukan pengujian berupa uji beban untuk memastikan jembatan laik fungsi. Uji beban meliputi uji dinamis dan uji statis di mana akan melibatkan total 30 truk bermuatan 35 ton di atas jembatan Ciujung. Uji beban akan dilakukan secara dua tahap, yaitu untuk jembatan baja (arah Jakarta) dan jembatan beton (arah Merak)," katanya.

Pada uji beban tahap I, katanya, lalu lintas arah Jakarta akan dialihkan sementara atau contraflow pada jembatan arah Merak dengan menyediakan satu lajur. Contraflow juga akan dilakukan saat uji beban tahap II arah Merak.

"Sebagai jalur alternatif, pengguna jalan Tol Tangerang-Merak yang hendak pergi ke arah Merak dapat keluar melalui Gerbang Tol Cikande dan masuk kembali melalui Gerbang Tol Ciujung," tuturnya.

Pengendara mengarah ke Jakarta dapat keluar melalui Gerbang Tol Ciujung dan masuk kembali melalui Gerbang Tol Cikande untuk menghindari potensi kemacetan arus lalu lintas.

"Pengguna jalan yang berencana bepergian menuju Banten ataupun Jakarta wajib menyimak tanggal-tanggal pelaksanaan uji beban berikut agar dapat merencanakan perjalanan lebih baik. Harap selalu berhati-hati dalam berkendara dan patuhi aturan dari petugas," ujarnya.

(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT