Pembangunan Turap di Kembangan Utara Hulu Masuk Tahap Lelang

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Pembangunan Turap di Kembangan Utara Hulu Masuk Tahap Lelang

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 19 Jul 2022 11:24 WIB
Banjir di Kembangan Utara (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Foto: Banjir di Kembangan Utara (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang memproses pembangunan turap di Kali Angke Hulu. Sehingga, wilayah Kembangan Utara, Jakarta Barat bisa terbebas dari banjir.

"Sudah ada pemenang lelangnya. Kebeneran, kegiatan ada di Dinas (Sumber Daya Air)," kata Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Barat, Purwanti Suryandari, saat dihubungi, Senin (19/7/2022).

Disebut, ada sekitar 26 meter Kali Angke Hulu yang belum diturap sehingga akibatkan banjir pada Sabtu (16/7), dan Minggu (17/7). Disebut, sebelumnya ada kendala pembebasan lahan.

"Di Angke RW 01, Kembangan Utara memang ada yang belum ditanggul karena ada kendala di pembebasan lahan," katanya.

Diketahui, warga di permukiman padat penduduk di Jakarta Barat tersebut mengeluh karena wilayahnya sering banjir. Warga mengaku, tahun ini sudah empat kali alami banjir.

"Bukan setahun, sebulan, 4 kalian, puasa, takbiran, habis Lebaran, banjir. Capek pikiran, capek tenaga," kata Sum (51) di rumahnya di RT 7 RW 1 Kembangan Utara, Jakarta Barat, Minggu (17/7/2022).

Camat Kembangan, Joko Sukarno, mengungkap penyebab banjir terjadi di wilayahnya. Joko menyebut pagi tadi tinggi air di Kembangan Utara masih 40 cm. Joko mengatakan penyebab banjir karena turap Kali Angke Hulu belum ditutup sebanyak 26 meter.

"Jadi ini lokasi di RT 7 RW 1 Kelurahan Kembangan Utara, jadi dilihat dari pemantauan tinggi air pagi tadi kurang lebih 40 cm. Ini dampak dari belum tersheet pile-nya kurang lebih 26 meter ya dari Angke Hulu," jelas Joko.

Joko menyebut di wilayahnya setidaknya ada 3 kelurahan yang terdampak banjir. Kelurahan itu antara lain Kembangan Utara, Kembangan Selatan dan Joglo.

"Kalau untuk kecamatan Kembangan ada 3 kelurahan, Kelurahan Joglo di RW 6 di RW 1, Kelurahan Kembangan Selatan, kemarin masih ada 30 cm ketinggian air, hari ini di Kembangan Utara RW 1," ujar Joko

(aik/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT