Camat: Banjir di Kembangan Utara karena Kali Angke Hulu Belum Diturap

ADVERTISEMENT

Camat: Banjir di Kembangan Utara karena Kali Angke Hulu Belum Diturap

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 17 Jul 2022 11:19 WIB
Banjir di Kembangan Utara (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Banjir di Kembangan Utara (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Banjir yang menggenangi permukiman padat penduduk di Kembangan Utara, Jakarta Barat, kini sudah mulai surut. Camat Kembangan, Joko Sukarno, mengungkap penyebab banjir terjadi di wilayahnya.

Pantauan detikcom di RT 7 RW 1, Kembangan Utara, Jakarta Barat, Minggu (17/7/2022), pukul 10.41 WIB, air yang masuk ke rumah warga sudah mulai surut. Warga terlihat membersihkan rumahnya dari sisa lumpur.

Joko menyebut pagi tadi tinggi air di Kembangan Utara masih 40 cm. Joko mengatakan penyebab banjir karena turap Kali Angke Hulu belum ditutup sebanyak 26 meter.

"Jadi ini lokasi di RT 7 RW 1 Kelurahan Kembangan Utara, jadi dilihat dari pemantauan tinggi air pagi tadi kurang lebih 40 cm. Ini dampak dari belum tersheet pile-nya kurang lebih 26 meter ya dari Angke Hulu," jelas Joko.

Joko menyebut di wilayahnya setidaknya ada 3 kelurahan yang terdampak banjir. Kelurahan itu antara lain Kembangan Utara, Kembangan Selatan dan Joglo.

"Kalau untuk kecamatan Kembangan ada 3 kelurahan, Kelurahan Joglo di RW 6 di RW 1, Kelurahan Kembangan Selatan, kemarin masih ada 30 cm ketinggian air, hari ini di Kembangan Utara RW 1," ujar Joko.

Joko mengatakan pihaknya sudah mengusulkan untuk pemasangan turap di Kali Angke Hulu. Dia berharap dinas terkait segera mengatasinya.

"Rencananya tahun ini sih dari dinas tata air sudah usulkan, mudah-mudahan ada follow up lebih bagus lebih cepat, karena biar tidak banjir lagi di RW 1 (Kembangan)," ujar Joko.

Salah seorang warga, Kamaludin menyebut air datang sejak Jumat (15/7) malam kemarin sekitar pukul 22.30 WIB. Air datang cepat dengan ketinggian 100 cm.

"Jam 22.30 malam, Jumat. Pertama datang (air) sedada, 100 cm," kata Kamaludin (49) di lokasi.

Kamal beserta keluarga sempat pergi mengungsi ke RPTRA Kembangan Utara. Namun saat ini Kamal sudah kembali ke rumahnya.

"Saya ngungsi di RPTRA," kata Kamaludin.

Lihat juga video 'Banjir Merendam Kampung Melayu Jaktim, Ketinggian Masih 50 Cm':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT