ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Lift-Eskalator Stasiun Diperbaiki, KAI Ajak Anker Utamakan Naik Tangga

Mulia Budi - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 17:59 WIB
Lift dan eskalator Stasiun Cakung Jakarta Timur sudah bisa beroperasi. 18 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Lift dan eskalator Stasiun Cakung, Jakarta Timur, sudah bisa beroperasi, 18 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Lift dan eskalator yang rusak di Stasiun Manggarai serta Stasiun Cakung telah selesai diperbaiki. PT Kereta Commuter Indonesia mengajak anak kereta (anker) memprioritaskan penggunaan tangga manual meski fasilitas lift dan eskalator sudah kembali berfungsi.

"Kami mengajak pengguna jasa agar menggunakan lift dan eskalator untuk mereka yang sangat membutuhkan (prioritas)," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba saat dimintai konfirmasi, Senin (18/7/2022).

Pihak yang membutuhkan atau penumpang prioritas meliputi lansia, penyandang disabilitas, dan wanita hamil.

"Selebihnya, ayo kita gunakan fasilitas tangga yang juga sudah disiapkan sehingga fasilitas-fasilitas yang ada di stasiun bisa semua dimaksimalkan sesuai kebutuhan kita semua," tambahnya.

Anne juga mengajak para anker menjaga fasilitas yang ada di stasiun. Dia menyebut anker bisa melapor ke petugas stasiun atau nomor yang ada jika menemukan kendala.

"Kita jaga fasilitas di stasiun, jika ada kendala, petugas di stasiun siap membantu dan bisa lapor via 021 121," ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan perbaikan lift ataupun eskalator di Stasiun Cakung dilakukan secara rutin. Menurutnya, perbaikan cukup memakan waktu karena suku cadang atau spare part yang dibutuhkan tidak ada di Jakarta.

"Cakung tersebut diperbaiki terus menerus rutin. Saat pandemi ada beberapa spare part yang harus dikirim dari luar dan harus menunggu. Alhamdulillah saat ini sudah lebih lancar," tuturnya.

Lift dan eskalator Stasiun Cakung Jakarta Timur sudah bisa beroperasi. 18 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)Lift dan eskalator Stasiun Cakung, Jakarta Timur, sudah bisa beroperasi. 18 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)

Anne menjelaskan, pengecekan kerusakan dan pemeliharaan lift ataupun eskalator di setiap stasiun dilakukan secara rutin. Dia menyebut barang kecil milik penumpang juga kerap terjatuh di eskalator.

"Ada namanya maintenance rutin ada juga maintenance besarnya, kalau rutin ada daily, weekly, dan monthly," ujarnya.

"Beberapa kendala banyak barang-barang kecil yang jatuh di sela-sela eskalator, ini harus dicek rutin biar segera bisa diatasi," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan perawatan besar eskalator maupun lift membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Menurutnya, perbaikan besar itu hanya bisa dilakukan selama 2 jam di dini hari, supaya penumpang prioritas tetap terlayani.

"Operasional KRL hampir 24 jam kita hanya ada waktu 2 jam di dini hari untuk benar-benar stop sehingga untuk perawatan besar pasti akan membutuhkan waktu. Yang perlu kami pastikan perawatannya tak bersamaan sehingga penumpang prioritas tetap bisa terlayani dengan baik," terangnya.

Sebelumnya, masih ingat kabar viral tentang ibu hamil yang kelelahan gara-gara meniti tangga Stasiun Cakung? Kabar gembira, kini eskalator dan lift di Stasiun Cakung sudah selesai diperbaiki. Ibu-ibu hamil tak perlu lagi meniti tangga.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 14.35 WIB tadi, lift untuk mengantarkan penumpang naik atau turun menuju lantai 1 arah Bekasi dan Cikarang di Stasiun Cakung terlihat sudah berfungsi.

Stasiun Manggarai Jaksel, atap bocornya diperbaiki. 12 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)Stasiun Manggarai Jaksel, 12 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)

Dua eskalator di Stasiun Cakung juga tampak berfungsi. Kemudian, satu lift lainnya untuk mengantarkan penumpang naik atau turun menuju lantai 1 arah Manggarai juga terlihat bisa beroperasi.

Lihat juga video 'Detik-detik Penumpang Jatuh ke Peron Stasiun Manggarai Saat KRL Melintas':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT