ADVERTISEMENT

Kualitas Udara Jakarta Hari Ini Terburuk Se-RI Versi IQAir

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 10:44 WIB
Kualitas udara Jakarta hari ini masuk dalam kategori tidak sehat. Kota Jakarta bahkan berada di posisi keempat kualitas udara terburuk di dunia.
Ilustrasi kualitas udara Jakarta. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Kualitas udara di Jakarta hari ini kembali masuk kategori 'tidak sehat'. Jakarta juga dilaporkan menjadi kota paling berpolusi di Indonesia.

Dilihat di situs IQAir, Senin (18/7/2022) pukul 10.20 WIB, indeks kualitas udara (air quality index/AQI) di Jakarta berada di level 174 AQI US.

"Tingkat polusi udara: tidak sehat," demikian keterangan di situs IQAir.

Disebutkan, polutan utama udara di Jakarta ialah PM 2,5. Berdasarkan situs BMKG, PM 2,5 adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron (mikrometer).

Situs IQAir menyatakan konsentrasi polutan PM 2,5 di Jakarta mencapai 100 µg/m³. Jumlah tersebut 20 kali lipat di atas ambang panduan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

"Konsentrasi PM2.5 di udara Jakarta saat ini 12.7 kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan WHO," demikian keterangan IQAir.

Warga Jakarta diimbau mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan. Sementara warga yang berada di dalam ruangan diminta menutup jendela untuk menghindari udara kotor dari luar dan menyalakan pemurni udara.

Dilaporkan hari ini cuaca di Jakarta berkabut dengan suhu 29 derajat Celsius dan kelembapan udara 74%. Angin di Jakarta kecepatan sekitar 5,5 km/jam dan tekanan udaranya 1.010 milibar (mb).

Kualitas udara di Jakarta pada dua hari sebelumnya dilaporkan dalam kondisi berbeda. Indeks kualitas udara (AQI) pada Minggu (17/7) masuk kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif (131 AQI US) dan pada Sabtu (16/7) masuk kategori sedang (82 AQI US).

Kualitas udara Jakarta hari ini merupakan yang paling berpolusi di Indonesia. Berikut 5 besar kota dengan polusi tertinggi di RI berdasarkan IQAir:
1. Jakarta 167 AQI US
2. Pasarkemis, Tangerang, Banten 163 AQI US
3. Cileungsi, Jabar 157 AQI US
4. Bekasi, Jabar 154 AQI US
5. Kota Surabaya, Jatim 153 AQI US

Simak kualitas udara di Jakarta versi Pemprov DKI Jakarta di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT