ADVERTISEMENT

Cerita Warga Ciledug Tangerang Terpaksa Ngungsi 2 Hari Akibat Banjir

Khairul Ma'arif - detikNews
Minggu, 17 Jul 2022 11:34 WIB
Warga di Perumah Puri Kartika Baru, Ciledug, kebanjiran (Foto: Khairul/detikcom)
Warga di Perumah Puri Kartika Baru, Ciledug, kebanjiran. (Khairul/detikcom)
Jakarta -

Warga di Perumahan Puri Kartika Baru, Ciledug, Kota Tangerang, sempat mengungsi karena banjir yang baru surut tadi malam. Beberapa warga yang ditemui mengaku mengungsi selama dua malam.

"Ngungsi di rumahnya yang tidak banjir, dua malam. Nah abis surutnya baru semalam ini pukul 22.00 WIB baru surut ini," ujar seorang warga, Nuraini, ditemui di lokasi, Minggu (17/7/2022).

Nuraini mengungkapkan, terakhir ketinggian banjir mencapai 80 cm pada Sabtu (16/7), sekitar pukul 17.00 WIB. Menurutnya, ketinggian banjir terjadi pada puncaknya dari Jumat (15/7) malam hingga Sabtu (16/7) pagi di mana ketinggian air saat itu hingga mendekati 150 cm.

"Wah, segini (leher orang dewasa) kemarin. Setinggi saya aja udah segini ada yang lebih tinggi lagi. Itu belum surut tuh segini (leher orang dewasa)," tambahnya.

Hal senada diutarakan warga lainnya bernama Maksum. Ia menyebut banjir yang masuk ke rumahnya hingga satu meter lebih.

Sementara kedalaman banjir di depan rumahnya itu hingga membuatnya harus mengungsi. Menurutnya, puncak banjir terjadi setelah waktu subuh, sekitar pukul 05.00 WIB Sabtu (16/7).

"Ngungsi di kampung sebelah yang tidak banjir selama dua malam. Di rumah semeter lebih di depan sekitar leher orang dewasa. Tanggal 16 puncaknya pas abis subuh aja jam 5-an. Itu besarnya setelah jam 5 mulai surut lagi hingga sekarang," kata Maksum saat ditemui di rumahnya.

Warga lainnya bernama Muksin menuturkan di wilayahnya sudah rutin banjir selama tiga tahun terakhir setiap tahunnya. Ia mengaku selalu ada saja kerugian yang dialami dari banjir yang mendera wilayahnya.

Ia pun mengatakan juga sempat mengungsi sebelumnya gara-gara banjir kemarin.

"Sering (banjir) selama ini dari 2020, 2021, 2022 setiap tahun ada. Paling parah tahun 2020. Selalu (ada kerugian), ada yang rusak perbaikan, kulkas, mesin cuci itu pasti. Ketinggian air sepinggang orang dewasa kami udah ngungsi sekeluarga," jelasnya.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (17/7/2022) per pukul 11.01 WIB tampak masih banyak warga yang membersihkan rumahnya yang kotor pasca banjir. Terlihat juga jalan di perumahan ini yang berantakan oleh sampah yang terbawa arus banjir.

Simak juga video 'Banjir di Puri Kartika Baru Ciledug Semeter, Warga Mengungsi':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/ygs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT