ADVERTISEMENT

PDIP Tepis Bujuk PAN Bikin Koalisi: Dialog Sambil Kangen-kangenan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 16 Jul 2022 07:15 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai DPP PDIP, Lengteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (10/6/2022).
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Pertemuan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Sekjen PAN Eddy Soeparno sambil bersepeda dinilai bisa jadi sinyal kuat koalisi PDIP dan PAN menyongsong 2024. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menepis anggapan PDIP membujuk PAN untuk berkoalisi 2024.

"Tadi kita berdiskusi bahwa politik itu membumi, memegang etika politik dan kami menyepakati bahwa setiap partai itu khas dan tidak pernah terlepas dari sejarah yang membentuknya," kata Hasto kepada wartawan, Jumat (15/7/2022).

"Pertemuan tadi merupakan dialog sambil kangen-kangenan karena lama tidak bertemu. PDI Perjuangan tidak pernah intervensi kedaulatan politik dan rumah tangga setiap partai di dalam membangun kerja sama politik," imbuhnya.

Hasto menyebut ilmu yang dimiliki PDIP adalah kesetiaan pada Pancasila, konstitusi negara, NKRI, dan kebinekaan. PDIP pun mengetahui bahwa PAN sudah berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PPP.

"Kami tidak punya ilmu bujuk-membujuk, apalagi membajak kader partai lain dengan iming-iming tertentu ataupun dengan instrumen hukum," ujarnya.

Dia mengatakan ilmu PDIP ialah berpolitik dengan memegang komitmen politik, membangun kerja sama gotong royong, dan ilmu bergerak ke bawah membangun kekuatan gotong royong dengan rakyat.

"Menurut PDI Perjuangan silaturahim politik termasuk kerja sama KIB itu bagus dan berada dalam spirit kerja sama kepartaian, jadi buat apa, kami goda menggoda. Semua kerja sama politik diyakini untuk kepentingan bangsa dan negara. Bagi PDI Perjuangan kerja sama itu terus dilakukan, multi-approach dan multilevel, serta didasarkan pada aspek ideologi, kesejarahan, dan kesesuaian agenda bagi masa depan," imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'PDIP Hampir Pasti Gandeng Parpol Lain di Pemilu, Dengan Siapa?':

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT