Walkot Idris Ungkap Alasan Usulkan Depok Masuk Jakarta Raya

ADVERTISEMENT

Walkot Idris Ungkap Alasan Usulkan Depok Masuk Jakarta Raya

Dwi Rahmawati - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 15:40 WIB
Wali Kota Depok M Idris (Dwi Rahmawati-detikcom)
Wali Kota Depok M Idris (Dwi Rahmawati/detikcom)
Depok -

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengusulkan daerah di sekitar Jakarta, seperti Depok, disatukan menjadi Jakarta Raya. Dia kemudian menjelaskan alasan mengusulkan Depok masuk menjadi Jakarta Raya.

"Pembangunan Kota Depok akan berjalan lebih cepat, karena PAD-nya saja sangat jomplang, PAD kita baru Rp 1,2 triliun, Jakarta sudah ratusan triliun gitu dari sisi pembangunan," kata Idris di Jalan Karya Bakti, Beji, Jumat (15/7/2022).

Idris mengatakan usulan Jakarta Raya itu terkait dengan keberadaan Ibu Kota Negara (IKN). Selain itu, katanya, ide Jakarta Raya pernah ada di era Orde Baru.

"Ini harus diluruskan pemahaman Jakarta Raya, bahwa isu yang saya lontarkan itu terkait dengan penerapan Undang-Undang IKN (Ibu Kota Negara)," paparnya.

"Saya teringat dulu pernah ada beberapa ide sejak zaman Orde Baru. Ide ini sudah ada terakhir kalau nggak salah Pak Sutiyoso dengan pakar pemerintahan daerah Pak Ryaas Rasyid, beliau melontarkan bahwa euforia otonomi ini jangan sampai merugikan negara," sambungnya.

Menurutnya, persoalan yang ada di Jakarta dan daerah penyangga saling terkait satu dan lainnya. Hal itulah yang menjadi dasar usulan penyatuan Jakarta Raya.

"15 tahun saya berkiprah di pemerintah Kota Depok memang persoalan-persoalan yang kita dengar di Jakarta itu, sangat terkait dengan persoalan Bekasi, Tangsel dan Bogor. Khususnya persoalan banjir yang nggak selesai-selesai," ucap dia.

"Sudah buat Kanal Timur, Kanal Barat atau segala macam. Saya pernah tinggal 7 tahun di Kampung Melayu juga banjir begitu sama juga nggak selesai," sambungnya.

Dia mengklaim genangan air di wilayah Kota Depok bisa berdampak ke Jakarta. Maka, katanya, perlu perhatian khusus dari pemerintah.

"Kalau Kota Depok sebenarnya nggak ada banjir, Kota Depok adanya genangan air. Nah, genangan air ini ketika tidak disiplin masalah sampah segala macam, buang sampah ke kali dan sebagainya, yang dirugikan adalah Jakarta. Sebuah permasalahan yang harus jadi perhatian kita," ucapnya.

Lihat juga video 'Gaya Para ABG dari Pinggiran Jakarta di Citayam Fashion Week':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT