Walkot Depok Usul Satukan Jakarta Raya, Wagub DKI: Sampaikan ke Pusat

ADVERTISEMENT

Walkot Depok Usul Satukan Jakarta Raya, Wagub DKI: Sampaikan ke Pusat

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 12 Jul 2022 20:45 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Annisa-detikcom)
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Annisa/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons usulan Wali Kota Depok Mohammad Idris soal Jakarta Raya. Riza menyarankan sebaiknya usulan itu disampaikan ke pemerintah pusat.

"Usulan tersebut nanti disampaikan kepada Pemerintah Pusat. Kami Pemprov DKI sepenuhnya menyerahkan kebijakan tersebut kepada Pemerintah Pusat dan juga daerah lain untuk dibahas bersama," kata Riza kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Riza menuturkan usulan menyatukan daerah penyangga dengan Jakarta itu pernah disampaikan oleh Gubernur DKI sebelumnya, Sutiyoso. Hal ini lantaran urusan antara Jakarta dengan daerah penyangga tak bisa dipisahkan.

"Kalau memang ke depan apa yang pernah diusulkan oleh Bang Yos itu sesuatu yang baik. Sekali lagi, memang Jakarta dengan daerah penyangga tidak mudah dipisahkan. Ini memang berbagai kebijakan yang diambil Jakarta dengan daerah sekitarnya selalu kita sinkronisasikan, selalu kita bahas. Apakah masalah COVID, transportasi, pengendalian banjir, penataan kota dan sebagainya," terangnya.

Riza juga berterima kasih kepada Idris yang kembali membunyikan usulan yang pernah diutarakan Sutiyoso. Kendati demikian, Riza memandang penyatuan wilayah itu merupakan wewenang pemerintah pusat.

"Kami serahkan kepada pemerintah pusat," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Idris mengusulkan daerah pinggiran Jakarta disatukan menjadi Jakarta Raya. Hal tersebut merupakan salah satu ide untuk menyukseskan pembangunan Jakarta.

"Satu ide saya kalau mau sukses pembangunan Jakarta dan sekitarnya satukan Jakarta Raya," kata Mohammad Idris setelah meninjau pemotongan kurban di Jalan H Icang, Kelurahan Tugu, Cimanggis.

Menurut Idris, permasalahan yang ada di wilayah daerah penyangga Jakarta mudah terselesaikan jika kawasan tersebut digabung. Dia juga menyebut peran satu gubernur untuk penggabungan wilayah itu.

"Masalah banjir, masalah apa bisa selesai semua. Kalau satu gubernur Jakarta Raya," ujarnya.

Dia membenarkan pernyataan Depok ingin masuk wilayah Jakarta. Namun Idris tak menjelaskan secara rinci alasan di baliknya.

"Depok masuk Jakarta," imbuhnya.

Lihat juga video 'Gaya Para ABG dari Pinggiran Jakarta di Citayam Fashion Week':

[Gambas:Video 20detik]

(taa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT