ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Ini Tempat Bocornya Pipa PAM Depok Gegara Bore Pile Underpass Dewi Sartika

Dwi Rahmawati - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 14:02 WIB
Lokasi pipa bocor gara-gara kena bore pile underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat. (Dok PT Tirta Asasta Depok)
Lokasi pipa bocor gara-gara kena bore pile underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat. (Dok PT Tirta Asasta Depok)
Depok -

Bocornya pipa air bersih bikin repot sebagian warga Kota Depok di 10 kelurahan. Pipa itu bocor gara-gara kena alat berat untuk bore pile proyek jalan bawah tanah (underpass) Dewi Sartika.

Perusahaan air minum kota ini, PT Tirta Asasta Depok, memberikan foto lokasi bocornya pipa PAM ini. Lokasinya ada di Simpang Kartini, pertemuan Jl Dewi Sartika-Jl Kartini, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

Terlihat dari foto Jumat (15/7/2022), ada galian yang dalam dengan kulit-kulit kabel yang mencuat dari lapisan tanah. Di belakangnya, ada alat berat eskavator.

"Pipa terkena alat berat bore pile yang sedang melakukan proyek penggalian untuk keperluan pembangunan underpass. Kebocoran pipa berukuran tersebut membuat pasokan air bersih yang didistribusikan melalui pipa terbuang ke badan jalan. Pasokan ke konsumen pun terganggu," papar Sudirman dalam keterangan yang diterima detikcom.

Lokasi pipa bocor gara-gara kena bore pile underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat. (Dok PT Tirta Asasta Depok)Lokasi pipa bocor gara-gara kena bore pile underpass Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat. (Dok PT Tirta Asasta Depok)

Bore pile adalah jenis pondasi yang berbentuk tabung panjang yang ditancapkan ke dalam tanah. Cara membangun pondasi seperti ini adalah dengan mengebor permukaan tanah.

Ada dua titik kebocoran, yakni pipa 400 inci di sebelah kanan Jl Dewi Sartika dan pipa 250 inci di kiri Jl Dewi Sartika.

Bardasarkan keterangan dari akun media sosial Tirta Asasta Depok, perbaikan pipa air bersih ini terkendala oleh lokasi kedalaman pipa yang mencapai 5 meter. Selain itu, ada utilitas lain yang menghalangi proses penggalian. Perusahaan air bersih ini meminta maaf kepada warga Depok atas gangguan ini.

Warga Kompleks Marinir Pancoran Mas, Kota Depok menyatakan air dari pipa sudah tidak mengalir tiga hari. Untuk kebutuhan air bersih sementara waktu, PT Tirta Asasta mengirimkan tangki untuk warga.

Ternyata, berdasarkan keterangan PT Tirta Asasta, tak hanya warga di Kompleks Marinir Pancoran Mas saja yang kena gangguan. Total ada warga di 10 kelurahan yang kena dampak bocornya pipa air bersih gara-gara proyek underpass Jl Dewi Sartika, berikut wilayahnya:

- Kelurahan Beji
- Kelurahan Depok Jaya
- Kelurahan Pancoranmas
- Kelurahan Rangkapan Jaya
- Kelurahan Rangkapan Jaya Baru
- Kelurahan Mampang
- Kelurahan Tanah Baru
- Kelurahan Sawangan Baru
- Kelurahan Beji Timur
- Rawageni (Kelurahan Ratujaya -red) dan sekitarnya.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT