ADVERTISEMENT

Saksi soal Ucapan Edy Mulyadi 'Jin Buang Anak': Kami Merasa Terhina!

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 14 Jul 2022 13:19 WIB
Sidang kasus Edy Mulyadi
Sidang Edy Mulyadi (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Salah satu saksi dalam kasus Edy Mulyadi, Rudiansyah, selaku Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur dan juga sebagai putra daerah Kalimantan, mengaku sakit hati dengan pernyataan Edy yang menyebut lokasi IKN adalah 'tempat jin buang anak'. Rudiansyah menyebut pernyataan Edy itu akan memiliki dampak yang buruk.

Mulanya, jaksa menanyakan Rudiansyah soal data lubang tambang yang disebutkan dalam video YouTube yang ditayangkan di YouTube Bang Edhy Channel. Rudiansyah menyebut Edy tidak pernah meminta data berkaitan dengan materi video yang ditayangkan di channel YouTube milik Edy.

"Apakah saksi memperhatikan bahwa terdakwa begini tadi, apakah dalam video tadi menyampaikan PT Singlurus meninggalkan 22 lubang, sedangkan saksi menyatakan 17, apakah terhadap Saudara Terdakwa ini pernah datang ke tempat dinas Saudara meminta data berkaitan dengan video?" tanya jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

"Tiak pernah majelis. Setahu saya tidak pernah," jawab Rudiansyah.

Kemudian, Rudiansyah menjawab pertanyaan jaksa terkait perasaannya sebagai putra daerah Kalimantan saat mendengar pernyataan Edy soal 'tempat jin buang anak'. Rudiansyah mengaku merasa terhina dan sakit hati atas ucapan Edy.

"Yang pasti, ketika melihat video tersebut, kami sebagai putra daerah merasa terhina dan sakit hati, karena apa? Karena tempat kami dianggap sebagai tempat jin buang anak," kata Rudiansyah.

Video YouTube yang dimaksud Rudiansyah adalah video berjudul 'Tolak Pemindahan Ibu Kota Negara Proyek Oligarki Merampok Uang Rakyat' yang ditayangkan di YouTube Bang Edhy Channel. Dalam video itu ada sebutan 'tempat jin buang anak'.

Rudiansyah menjelaskan kalimat 'tempat jin buang anak' itu menakutkan. Terlebih, video yang ditayangkan Edy akan berdampak kepada publik.

"Kami tidak tahu istilah itu bagaimana, cuma istilah itu sangat mengena di kami, sehingga kami juga berpikir bahwa ketika video ini ditayang yang pasti ditonton oleh semua orang. Mungkin bukan hanya dalam negeri, luar negeri, itu pasti akan ada dampaknya terutama ketika dibilang tempat buang jin itu pasti pemikiran orang seram," ujar Rudiansyah.

"Jadi saya secara pribadi, saya merasa sakit hati tentang statement yang dimaksud karena saya sebagai putra daerah, saya lahir besar di Kalimantan Timur," tambahnya.

Rudiansyah mengaku belum pernah mendengar kalimat 'tempat jin buang anak' sebelumnya. Dia mendengar dan mengetahui kalimat tersebut saat melihat video milik Edy.

"Belum pernah. Ada istilah jin buang anak itu belum pernah," sebutnya.

Simak Video 'Saksi Merasa Terhina-Sakit Hati soal Ucapan Edy 'Jin Buang Anak'':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT