ADVERTISEMENT

Dear Bu Lili, Usai Mundur dari KPK Tak Boleh Jadi Pejabat Selama 5 Tahun

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 14:59 WIB
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat menerima rombongan finalis Puteri Indonesia di gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2022).
Lili Pintauli Siregar (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Lili Pintauli Siregar memilih mengundurkan diri dari Wakil Ketua KPK sebelum diadili etik. Setelah ini Lili tidak boleh menduduki jabatan publik apa pun selama 5 tahun sejak pengunduran dirinya.

Perihal itu tercatat pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Dikutip detikcom, Rabu (13/7/2022), aturan itu tercantum pada Pasal 32 UU KPK tepatnya pada ayat (3), berikut isinya:

Pasal 32 ayat (3)

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang mengundurkan diri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf f, dilarang untuk jangka waktu 5 (lima) tahun sejak tanggal pengunduran dirinya menduduki jabatan publik.

Sebagaimana diketahui, Lili mengajukan permohonan pengunduran diri sejak 30 Juni 2022. Pengunduran diri itu lantas diamini Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Keputusan Presiden (Keppres) tertanggal 11 Juli 2022.

Pengunduran diri Lili ini berdampak pada gugurnya sidang etik yang seharusnya dijalani Lili di Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Alhasil, dugaan pelanggaran etik terkait penerimaan fasilitas menonton MotoGP Mandalika terhadap Lili tidak diungkap terang.

Ketua majelis etik yang juga Ketua Dewas KPK Tumpak H Panggabean beralasan Lili sudah lebih dulu mundur sebagai bagian dari KPK. Bagi Dewas KPK, status Lili yang bukan sebagai insan KPK lagi tak bisa diadili secara etik.

"Kalaupun sidang, maksimal hukumannya apa nanti? Mengundurkan diri juga? Dia sudah mengundurkan diri juga. Jadi itu pertimbangan juga, tapi yang jelas kalau memang orangnya tidak ada lagi, bukan insan KPK lagi, tentunya tidak bisa dipertanggungjawabkan lagilah," ucap Tumpak pada 11 Juli 2022 saat memberikan alasan tentang gugurnya sidang etik untuk Lili.

(dhn/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT