Pria di Lebak Ngaku 'Dewa Matahari', Ketua PBNU: Mungkin Dia Kesurupan

ADVERTISEMENT

Pria di Lebak Ngaku 'Dewa Matahari', Ketua PBNU: Mungkin Dia Kesurupan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 13 Jul 2022 07:51 WIB
Ketua Ikatan Gus-gus Indonesia (IGGI) Ahmad Fahrur Rozi
Ahmad Fahruf Rozi (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Warga Lebak, Banten, dibuat geger oleh pengakuan seorang pria yang menyebut dirinya dewa matahari dan melarang orang salat. Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi meminta warga tidak mempercayai hal aneh.

"Ya mungkin dia kesurupan, mengaku dewa matahari, ha-ha-ha...," kata Fahrur kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Fahrur menilai masyarakat Indonesia memahami mana orang yang nyeleneh dan tidak. Karena itu, dia meminta warga waspada terhadap orang yang memberikan pengakuan aneh.

"Masyarakat kita sudah cukup paham tentang seseorang yang nyeleneh seperti itu. Makanya dia dilaporkan dan diamankan polisi," kata dia.

"Kita mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya, dan waspada jika ada orang yang mengaku aneh-aneh. Negara kita hanya mengakui ajaran agama yang sah saja," imbuhnya.

Fahrur meminta kasus ini dibawa ke ranah hukum jika pria yang mengaku dewa matahari itu bermaksud melakukan penodaan agama. Namun dia menyarankan agar pelaku diperiksa kejiwaannya.

"Jika dia memang yang bersangkutan sehat dan sengaja membuat ajaran tersebut, harus dibina oleh MUI setempat dan diproses hukum jika bermaksud melakukan penodaan agama. Namun, jika memang pelaku mengalami kelainan jiwa, ya perlu dilakukan rehabilitasi secara medis," tuturnya.

Simak Video 'Mengaku Sebagai 'Dewa Matahari', Pria di Lebak Larang Orang Salat':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT