ADVERTISEMENT

Penjelasan Waskita Terkait Aksi Pemblokiran Pintu Tol Jatikarya

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 22:53 WIB
Polisi melakukan persuasi kepada sejumlah warga yang melakukan pemblokiran Tol Cimanggis-Cibitung saat berunjuk rasa di Jatikarya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/6/2022). Mereka menuntut Badan Pertahanan Nasional segera memberikan surat pengantar  untuk menyelesaikan pembayaran uang konsinyasi atas penggunaan tanah untuk Tol Cimanggis-Cibitung di daerah Jatikarya seluas 4,2 hektare yang belum dibayar selama 25 tahun. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.
Warga membuka paksa pintu tol Jatikarya, Bekasi (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Bekasi -

Sejumlah warga membuka paksa pintu Tol Jatikarya, Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat (Jabar). Pihak pengelola Tol Jatikarya, Waskita Toll Road, buka suara terkait kejadian tersebut.

Sekretaris Waskita Toll Road Alex Siwu menerangkan pembukaan paksa pintu Tol Jatikarya bermula saat sejumlah warga melakukan demonstrasi. Alex menyebut demonstrasi itu berkaitan dengan kasus sengketa tanah di tol tersebut.

"Telah terjadi aksi penyampaian aspirasi oleh warga sehubungan dengan sengketa kepemilikan lahan di ruas Tol Cimanggis-Jatikarya pada Gerbang Tol Jatikarya 1 dan 2 pukul 13.00 WIB," ujar Alex dalam keterangannya, Rabu (29/6/2022).

Alex menjelaskan, warga beraksi dengan cara menutup palang gerbang Tol Jatikarya lalu dilanjutkan membuka paksa palang tol tersebut. Warga juga membiarkan kendaraan melintas melewati pintu Tol Jatikarya.

"Aksi ini diwarnai dengan penutupan seluruh gerbang tol oleh warga sekitar pukul 13.50 WIB, kemudian dilanjutkan dengan meloloskan kendaraan yang melewati Jalan Tol Cimanggis-Cibitung," papar Alex.

"Segmen Cimanggis Junction-On/Off Ramp Jatikarya, Jalur A (Cimanggis arah Jatikarya) dan Jalur B (Jatikarya arah Cimanggis) dan berlangsung sekitar 10 menit pada pukul 15.10 WIB," imbuhnya.

Sebelumnya, aksi sejumlah warga membuka paksa pintu Tol Jatikarya, Jatisampurna, Bekasi, viral di media sosial. Peristiwa itu diketahui terjadi pada pukul 14.00 WIB, Rabu (29/6).

Dalam video tersebut, tampak seorang pria berdiri menghalangi palang gerbang Tol Jatikarya. Tampak pula seorang pria lainnya tengah sibuk mengarahkan kendaraan agar segera melintas.

Dimintai konfirmasi, Kapolsek Jatisampurna Iptu Santri Dirga membenarkan adanya kejadian itu. Aksi tersebut merupakan bentuk protes dari ahli waris atas hasil putusan Pengadilan Negeri (PN) Bekasi.

"Aksi spontan dari warga selaku ahli waris yang menuntut haknya berupa dana konsinyasi yang ada di PN Kota Bekasi," kata Santri saat dimintai konfirmasi, Rabu (29/6).

Santri menyebutkan mulanya sejumlah warga berusaha menutup pintu tol, tapi dihalau petugas. Namun warga kembali ke lokasi dan melakukan aksi buka paksa pintu Tol Jatikarya.

"Awalnya warga berusaha menutup pintu tol, namun berhasil dihalau petugas. Kemudian, warga beraksi kembali dengan berusaha membuka palang pintu tol namun kembali berhasil dihalau petugas," papar Santri.

Simak Video 'Viral Aksi Warga Buka Paksa Pintu Tol Bekasi, Loloskan Mobil-mobil':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT