Jokowi Segera Ajukan Pengganti Lili Pintauli di KPK ke DPR

ADVERTISEMENT

Jokowi Segera Ajukan Pengganti Lili Pintauli di KPK ke DPR

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 12 Jul 2022 12:46 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menentukan nama Wakil Ketua KPK pengganti Lili Pintauli Siregar. Jokowi memastikan nama tersebut segera dikirim ke DPR.

"Dan ini masih dalam proses untuk penggantiannya. Kami akan segera mengajukan ke DPR. Secepatnya," kata Jokowi kepada wartawan di Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

Jokowi mengatakan penggantian Wakil Ketua KPK itu masih diproses. Sebab, kata Jokowi, surat pemberhentian baru saja diteken.

"Masih dalam proses. Untuk pengganti Bu Lili Pintauli masih dalam proses. Karena kan baru saja surat pemberhentiannya minggu yang lalu sudah saya tanda tangani," ujar Jokowi.

Lili Pintauli Siregar sebelumnya mundur dari kursi komisioner KPK di tengah pusaran kontroversi dugaan pelanggaran etik. Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak H Panggabean menyatakan penggantian Lili ada di tangan Presiden Jokowi. Aturannya tertera di Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

"Sepintas saya bisa sampaikan nanti Presiden akan menyampaikan beberapa nama. Nama-nama ini adalah nama-nama orang yang dulu diajukan kepada Presiden yang tidak terpilih, yang diajukan ke DPR yang tidak terpilih. Presiden dulu mengajukan 10, terpilih 5, 5 inilah nanti akan diajukan oleh Presiden," kata Tumpak dalam konferensi pers di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Senin (11/7/2022).

Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh juga menyatakan hal senada dengan Tumpak soal pengganti Lili Pintauli. Komisi III DPR merupakan alat kelengkapan Dewan (AKD) DPR yang menjalankan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan para calon komisioner KPK.

"Sesuai UU Nomor 19 Tahun 2019," kata Pangeran Khairul Saleh.

Berikut ini bunyi Pasal 33 dalam UU KPK terkait kekosongan pimpinan KPK:

Pasal 33
(1) Dalam hal terjadi kekosongan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Presiden Republik Indonesia mengajukan calon anggota pengganti kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.
(2) Anggota pengganti sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipilih dari calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang tidak terpilih di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia sepanjang masih memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Pasal 29.
(3) Anggota pengganti Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) melanjutkan sisa masa jabatan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang digantikan.

Sementara itu, anggota Komisi III DPR Fraksi PKB Jazilul Fawaid mengapresiasi pengunduran diri Lili Pintauli. Soal pengganti Lili, dia menyebut Jokowi bisa mengambil nama baru atau dari para calon komisioner KPK yang gagal lolos seleksi.

"Dapat diambil dari nama-nama yang dulu lulus seleksi dan ikut fit and proper test atau di luar itu yang dinilai memiliki kompetensi di bidang hukum," katanya.

Berikut ini para calon pimpinan KPK yang gugur dalam voting Komisi III DPR tahun 2019. Satu anggota Komisi III DPR memvoting 5 dari 10 calon pimpinan KPK:

1. Sigit Danang Joyo (19 suara)
2. Lutfi Jayadi Kurniawan (7 suara)
3. I Nyoman Wara: 0
4. Johanes Tanak: 0
5. Robby Arya Brata: 0

(knv/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT