Komisi III DPR: Jokowi Bisa Terbitkan Perppu soal Pengganti Lili Pintauli

ADVERTISEMENT

Komisi III DPR: Jokowi Bisa Terbitkan Perppu soal Pengganti Lili Pintauli

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 12 Jul 2022 09:08 WIB
Ahmad Sahroni didampingi pengacaranya, Arman Hanis memberikan pernyataan soal pelaporan kepada Adam Deni di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni berbicara terkait pengganti Lili Pintauli Siregar usai mengundurkan diri sebagai pimpinan KPK sebelum disidang etik oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Sahroni berpendapat semua keputusan ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Awalnya Sahroni bicara bahwa persoalan penggantian pimpinan KPK tercantum pada UU KPK Nomor 19 Tahun 2019. Dia menyebut Jokowi bisa memilih satu dari 5 calon terakhir yang tidak terpilih jadi pimpinan KPK di 2019.

"Terlampir mekanisme pemilihan pimpinan KPK apabila ada yang mengundurkan diri sesuai UU Nomor 19 Tahun 2019. Untuk pemilihan tidak harus urut kacang, dipilih dari 5 calon terakhir, jadi kembali lagi tergantung bapak presiden," kata Sahroni saat dihubungi, Senin (11/7/2022).

Sahroni mengatakan DPR masih bisa meminta nama-nama baru jika dari kelima nama calon yang tidak terpilih di 2019 tidak memenuhi syarat. Selain itu, dia menyebut Jokowi bisa menerbitkan Perppu terkait penggantian pimpinan KPK.

"Nama-nama tersebut kalau tidak memenuhi persyaratan, DPR dapat meminta nama baru di luar nama yang lama. Masih ada kemungkinan kalau presiden mengeluarkan Perppu lagi," ucapnya.

Meski demikian, Bendum DPP Partai NasDem ini berpendapat 5 calon KPK yang tidak terpilih pada 2019 bisa dijadikan patokan oleh Jokowi. Dia menyebut kelima calon itu bisa dites kembali untuk dipilih menggantikan Lili Pintauli.

"Kalau saya berpendapat nama-nama tersebut pada saat pemilihan bisa jadi patokan untuk dites kembali, tapi semua kembali kepada bapak presiden karena mekanisme pengangkatan dan pemberhentian dari bapak presiden," ujarnya.

5 Calon Pengganti Lili Pintauli

Untuk diketahui, Lili Pintauli Siregar mundur dari kursi komisioner KPK di tengah pusaran kontroversi dugaan pelanggaran etik. Ini para calon pengganti Lili Pintauli di KPK.

Ketua Dewas KPK Tumpak H Panggabean menyatakan penggantian Lili ada di tangan Presiden Jokowi. Aturannya tertera di Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

"Sepintas saya bisa sampaikan nanti presiden akan menyampaikan beberapa nama, nama-nama ini adalah nama-nama orang yang dulu diajukan kepada presiden yang tidak terpilih, yang diajukan ke DPR yang tidak terpilih. Presiden dulu mengajukan 10, terpilih 5, 5 inilah nanti akan diajukan oleh presiden," kata Tumpak dalam konferensi pers di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Senin (11/7).

Berikut ini para calon pimpinan KPK yang gugur dalam voting Komisi III DPR tahun 2019. Satu anggota Komisi III DPR memvoting 5 dari 10 calon pimpinan KPK:

1. Sigit Danang Joyo (19 suara)
2. Lutfi Jayadi Kurniawan (7 suara)
3. I Nyoman Wara: 0
4. Johanes Tanak: 0
5. Robby Arya Brata: 0

Simak Video: Dewas KPK: Pengganti Lili Pintauli Ada di Tangan Presiden Jokowi

[Gambas:Video 20detik]




(maa/fas)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT