ADVERTISEMENT

Apa Kepentingan Firli Bahuri ke Dewas KPK Saat Lili Pintauli Diadili Etik?

M Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 11 Jul 2022 11:35 WIB
Firli Bahuri di Gedung ACLC KPK
Firli Bahuri di Gedung ACLC KPK (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri mendatangi kantor Dewan Pengawas (Dewas) KPK di saat Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar diadili etik. Kenapa?

Firli Bahuri datang di Kantor Dewas KPK, Jakarta Selatan, pukul 10.43 WIB. Firli datang saat Lili Pintauli menjalani sidang etik terkait dugaan penerimaan fasilitas tiket MotogGP.

Firli sempat bicara perihal sidang etik Lili, tapi dia tidak menjelaskan maksud kedatangannya.

"Kita ikuti dulu," ucap Firli ketika ditanya perihal sidang etik Lili di lokasi.

Terkait kedatangan Firli, dia datang ke Dewas KPK melalui pintu depan. Hal ini berbeda dengan Lili, yang sebelumnya datang ke kantor Dewas KPK melalui pintu belakang.

Sidang etik Lili juga sudah dimulai sejak pukul 10.00 WIB, sidang dimulai secara tertutup. Sedangkan Firli datang pukul 10.43 WIB.

Dalam sidang etik KPK, mereka yang berhak berada di ruang sidang adalah majelis, terperiksa, panitera, dan pendamping. Selain itu, pihak yang mendokumentasi dari internal Dewas berhak berada di dalam, sedangkan lainnya tidak diperkenankan masuk ke ruang sidang.

Lantas, apa kepentingan Firli datang ke Dewas KPK saat Lili diadili?

Ketika dikonfirmasi, anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris mengaku tidak tahu alasan Firli datang di kantornya. Haris juga memastikan Firli tidak berada di sidang Lili.

"Mungkin urusan lain, tidak ada di sidang," ujar Haris saat dikonfirmasi terpisah, Senin (11/7/2022).

Sidang Lili Sedang Diskors

Sebagaimana diketahui, sidang etik Lili Pintauli sudah dibuka sejak pukul 10.00 WIB. Sidang dibuka dan digelar tertutup, Lili juga sudah hadir di sidang itu.

Sidang akan dibuka kembali pukul 12.00 WIB dan digelar terbuka untuk umum. Sidang akan dibuka untuk membacakan putusan untuk Lili.

"Sidang sudah dibuka tapi ditutup lagi karena diskors sampai jam 12.00 WIB. Majelis etik bermusyawarah dulu sampai jam 12.00 WIB. Sidang jam 12.00 akan dibuka untuk umum," kata Haris.

Simak Video: Komisi III Yakin Dewas KPK Tangani Kasus Lili Pintauli Hingga Tuntas

[Gambas:Video 20detik]



(zap/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT