ADVERTISEMENT

Anies Pastikan Cabut Izin Lingkungan Perusahaan Biang Kerok Polusi Udara

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 10 Jul 2022 13:48 WIB
Kualitas udara Jakarta hari ini kembali jadi sorotan. Tak hanya masuk kategori tidak sehat, kualitas udara Jakarta juga masuk dalam daftar yang terburuk sedunia
Ilustrasi Udara Jakarta (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bakal mencabut izin lingkungan perusahaan bandel penyebab polusi udara. Jika izin sudah dicabut, Anies mengatakan perusahaan tersebut tak bisa beroperasi kembali.

"Kami di Jakarta misalnya ketika ada sebuah perusahaan yang mengotori udara, kami ambil langkah mencabut izin lingkungan hidupnya. Sehingga harus tutup, tidak bisa diselenggarakan lagi," kata Anies di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (10/7/2022).

Anies lantas mengajak daerah penyangga juga menerapkan hal yang serupa. Menurutnya, banyak industri yang menyebabkan pencemaran udara tersebar di wilayah luar Jakarta.

"Jadi termasuk cerobong-cerobong pembangkit listrik. Pastikan bahwa tidak menghasilkan polusi udara yang mengotori dan sehingga berdampak kepada kita semua penduduk di Jakarta dan sekitarnya," imbuhnya.

Anies menilai pencemaran udara tidak mengenal KTP. Dia mengatakan angin membawa polusi udara hingga ke Jakarta.

"Ini menggambarkan bahwa kondisi udara di sebuah wilayah tidak terlepas dari wilayah-wilayah yang lain karena udara, angin tidak memiliki KTP yang hanya tinggal di tempat tertentu," ujarnya.

"Ada pergerakan yang begitu luas. Saya berharap justru Kita semua ambil tanggung jawab," sambungnya.

Meski demikian, Anies mengajak supaya masalah pencemaran udara diselesaikan bersama-sama, bukan saling tuding.

"Dengan cara seperti itu, maka kita ambil tanggung jawab. Kalau tidak kita akan terus-menerus sekadar saling tuding, saling lihat, padahal ini adalah hasil kegiatan kita di tingkat keluarga, kegiatan perekonomian menggunakan mobil dan motor menghasilkan emisi. Di tingkat industri, pembangkit-pembangkit energi menghasilkan juga cerobong-cerobong asap yang mewarnai membuat polusi," ucapnya.

Simak juga Video: Udara Jakarta Makin Buruk, Greenpeace: Kemungkinan Polusi dari Luar DKI

[Gambas:Video 20detik]




(taa/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT