Hadiri Pelantikan Pengurus Perbasi Jakarta, Anies Minta Hapus Budaya Titipan

ADVERTISEMENT

Hadiri Pelantikan Pengurus Perbasi Jakarta, Anies Minta Hapus Budaya Titipan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Sabtu, 09 Jul 2022 02:01 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tiara Aliya-detikcom)
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tiara Aliya-detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri pelantikan Pengurus Perbasi DKI Jakarta masa bakti 2022-2026. Dalam acara pelantikan itu, Anies menekankan agar pengurus baru menerapkan sistem meritokrasi demi menghasilkan ekosistem yang baik sekaligus menghasilkan atlet berprestasi.

"Satu kata kunci yang dipakai dalam semua urusan adalah meritokrasi. Jangan ada faktor lain selain meritokrasi," kata Anies dalam keterangan tertulis, Jumat (8/7/2022).

Anies menjelaskan sistem meritokrasi memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memimpin berdasarkan kemampuan atau prestasi. Melalui sistem ini, Anies meminta agar pengurus baru menghilangkan budaya titip pemain.

"Kasihan apabila ada atlet yang sudah latihan tiap hari tetapi mereka dikalahkan bukan karena prestasi, tapi titipan atau hal lain selain kemampuan lawan. Itu dipastikan tidak boleh ada di basket kita," ujarnya.

Nantinya, sistem ini bisa diterapkan mulai dari pembinaan hingga rekrutmen atlet dengan indikator jelas, objektif serta transparan. Eks Mendikbud itu meyakini sistem ini mampu menciptakan kesetaraan bagi para atlet untuk mengharumkan nama Jakarta hingga Indonesia.

"Kita harus melakukan terobosan, menyusun sistem sehingga setiap prestasi terukur. Dengan begitu saya yakin bibit atlet yang baik akan punya kesempatan yang setara membawa nama baik dan prestasi untuk Jakarta dan Indonesia," ujarnya.

Terakhir, Anies juga berharap Perbasi Jakarta mampu menciptakan ekosistem bola basket yang baik sekaligus berani melakukan berbagai terobosan.

"Kami mengapresiasi karena pengurus inilah yang akan membangun ekosistem basket yang baik sekaligus memastikan bibit-bibit asal Jakarta dapat berkembang menjadi atlet berprestasi," imbuhnya.

"Kita punya harapan yang tinggi, dan itu membutuhkan kerja nyata, detail, konkret, termasuk berani untuk melakukan perubahan dan terobosan," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Kepengurusan Perbasi DKI Jakarta periode 2022-2026 pimpinan Lexyndo Hakim resmi dilantik. Acara digelar di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Selain Anies Baswedan, pelantikan ini turut dihadiri Ketua KONI DKI Jakarta Hidayat Humaidi, Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih, Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi dan para stakeholder lainnya.

Lexyndo yang terpilih menjadi pemimpin Perbasi Jakarta lewat Musyawarah Provinsi (Musprov) pada 15 Januari lalu, ingin prestasi bola basket di Jakarta semakin maju. Ia mau menjalin kerjasama dengan siapapun yang mempunyai tujuan terhadap pembinaan dan kemajuan prestasi bola basket di Jakarta.

"Setelah pengurus kami dilantik oleh Pengurus Pusat Perbasi yang disaksikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta dan KONI DKI Jakarta, prinsipnya di pengurusan kami ingin berkolaborasi dengan siapapun, stakeholder di Jakarta, klub-klub basket di Jakarta pecinta basket semua, kita akan ajak kolaborasi bersama-sama memajukan basket di Jakarta untuk lebih baik lagi," kata Lexyndo.

"Kami ingin di Jakarta lebih banyak yang menggemari bermain bola basket itu sendiri. Prinsipnya kami ingin bareng-bareng. Kita benahi sama-sama tentu prestasi-prestasi di Jakarta akan lebih baik lagi," ujarnya menambahkan.

Ada 58 orang yang dilantik menjadi pengurus Perbasi DKI Jakarta yang dilantik. Namun tak semuanya hadir lantaran ada kesibukan lain, salah satunya karena persiapan untuk menggelar FIBA Asia 2022 yang akan diadakan di Istora Senayan, Jakarta pada 12-24 Juli 2022.

Simak juga 'Survei SPIN soal Elektabilitas Capres: Prabowo 29,3%, Anies 14,2%':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT