ADVERTISEMENT

Sudinkes Jakpus Bakal Sosialisasi Larangan Merokok di Dukuh Atas

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 08 Jul 2022 18:43 WIB
Dukuh Atas kini ramai menjadi destinasi nongkrong bocah Citayam. Tak hanya itu, kawasan Dukuh Atas juga ramai dikunjungi berbagai kalangan masyarakat.
Kawasan Dukuh Atas jadi tempat nongkrong ABG (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat akan melakukan sosialisasi larangan merokok di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, khususnya bagi para remaja. Sosialisasi tersebut akan dilakukan dari tingkat kelurahan hingga kecamatan.

"Iya, (sosialisasi) isu ini kan pasti nanti akan kita bahas di level Suku Dinas Kesehatan sendiri ataupun di kecamatan. Jadi nanti kita akan pendekatannya sosialisasi lagi entah dari puskesmas, kecamatan, atau dari Sudin sendiri," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Sudinkes Jakpus Budi Setiawan saat dihubungi, Jumat (8/7/2022).

Budi mengatakan sosialisasi itu sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pedoman, Pelaksanaan, Pembinaan, Pengawasan, dan Penegakan Hukum Kawasan Dilarang Merokok. Di dalam pergub tersebut, dijelaskan area mana saja yang dilarang untuk merokok. Berikut ini bunyinya:

Kawasan dilarang merokok adalah ruangan atau area yang dinyatakan sebagai tempat atau area dilarangnya kegiatan merokok, yaitu tempat umum, tempat kerja, tempat belajar mengajar, tempat pelayanan kesehatan, angkutan umum, arena kegiatan anak-anak dan tempat ibadah.

Budi mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi terkait maraknya remaja merokok di Dukuh Atas. Dia menyebut hal itu akan dibahas dalam rapat pimpinan dengan Wali Kota.

"Biasanya kami kalau ada rapat pimpinan kan, dari semua Kepala Suku Dinas Jakpus biasanya isu-isu terkait rokok atau sebagainya juga nanti akan dibahas selalu dari pihak Wali Kota memberikan penugasan masing-masing, misalnya Dinas Kesehatan mulai lagi lakukan sosialisasi deh, kembali ke masyarakat tentang bahaya merokok," katanya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan untuk penertiban nantinya akan dikoordinasikan dengan sudin-sudin lainnya. Dia memastikan pihaknya akan melakukan sosialisasi terkait bahaya merokok kepada warga.

"Untuk penertiban berjalan sendiri-sendiri, kita dari kesehatan kalau memang ada permintaan gitu, 'tolong dong ada sosialisasi lagi nanti' koordinasinya di level Suku Dinas atau di kecamatan masing-masing jika petugas dinas-dinas setempat butuh penambahan ilmu atau wawasan bahaya merokok ini," katanya.

Simak video 'Saat Anies Tanggapi Remaja 'SCBD' yang Nongkrong di Dukuh Atas':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT