Gardu Listrik di Badan Jl WR Supratman Belum Pindah, PLN Masih Tunggu Ini

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Gardu Listrik di Badan Jl WR Supratman Belum Pindah, PLN Masih Tunggu Ini

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 08 Jul 2022 14:37 WIB
Tiang gardu listrik makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, 25 Oktober 2021. (Marteen Ronaldo P/detikcom)
Tiang gardu listrik makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, 25 Oktober 2021. (Marteen Ronaldo P/detikcom)
Jakarta -

Gardu listrik di depan SDN Pondok Ranji 01, Jl WR Supratman, Tangerang Selatan, belum dipindah PLN dari badan jalan. PLN masih menunggu satu dokumen supaya bisa memindah gardunya dari badan jalan.

"PLN Baru bisa membangun gardu apabila sudah ada Berita Acara Tanah Gardu (BATG)," kata Manajer PLN Ciputat, Heru Rianto, kepada detikcom, Jumat (8/7/2022).

Satu dokumen itu adalah Berita Acara Tanah Gardu (BATG). Kini, PLN masih berproses untuk menyepakati pasal-pasal dalam BATG. Dokumen itu dibikin antara kedua belah pihak berkepentingan, antara PLN dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangerang Selatan.

"Kedua belah pihak," kata Heru.

Tiang gardu listrik makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, 25 Oktober 2021. (Marteen Ronaldo P/detikcom)Tiang gardu listrik makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, 25 Oktober 2021. (Marteen Ronaldo P/detikcom)

Rencananya, gardu listrik itu akan dipindah dari badan jalan ke lahan SDN Pondok Ranji 01. Pemilik lahan SD itu adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel. Sebelumnya, pihak Disdik memberikan keterangan kepada detikcom sebulan lalu. Saat itu, perizinan pindah gardu masih diusahakan.

"Proses izin masih proses. Konsul ke bagian aset BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah), dan hukum," Kata Kabid Pembinaan SD Disdik, Tangsel, Didin Sihabudin, saat dihubungi, Jumat (3/6) lalu.

Gardu ini bisa berdiri di badan jalan karena ada pelebaran jalan tahun 2018. Sejak saat itu, banyak tiang-tiang kabel tidak turut dipindahkan, maka tiang-tiang menjadi di badan jalan karena kena pelebaran jalan. Belakangan, tiang-tiang di badan jalan ditertibkan. Namun di kawasan Ciputat Timur ini, gardu masih berdiri di badan jalan, salah satunya di depan SDN Pondok Ranji 01 ini.

Sejak Oktober tahun lalu, PLN membahas perencanaan pemindahan gardu makan badan jalan di Jl WR Supratman. Namun hingga kini gardu itu belum dipindahkan dari badan jalan depan sekolahan.

Lihat juga video 'Pemkot Solo Sulap Sampah Jadi Pembangkit Tenaga Listrik':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT